PERAN TERAPI KONSELING UNTUK MEMBANTU ANAK USIA DINI MENGELOLA EMOSI NEGATIF DI RA AISYIYAH SIMPANG EMPAT MARBAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45262Keywords:
Konseling, Anak Usia Dini, Emosi NegatifAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan utnuk dapat menganalisis strategi konseling yang sudah diterapkan guru disekolah dalam membantu anak untuk mengelola emosi negatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekataan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi konseling yang dilakukan melalui pendekatan komunikasi empati, aktivitas sensorik, dan role modelling terbukti efektif dalam membantu anak mengelola emosi negatif. Dengan pemahaman guru tentang terapi ini anak tidak hanya belajar mengenali dan mengekspresikan perasaan atau emosi saja tetapi anak sudah dapat mengelolanya jika anak sedang dalam kondsi tantrum.References
Astutik, C. (2019). Penerapan Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Usia Dini. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v2i2.17
Darmayanti, N., Febrianti, A., Ginting, A. M., Hadi, P. I., dan Indriani, A. (2022). Kemampuan Dalam Mengendalikan Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1512–1519.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini 2020. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Mahmud, M., dan Fajri, A. (2021). Strategi Pengendalian Emosi Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Mendukung Kecerdasannya. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2479
Manshuruddin, Rozana, S., dan Abrianto, D. (2019). Character Education in Modern Islamic Boarding Schools: a Model From Indonesia. European Journal of Social Sciences Studies , 4(4), 174–184. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382110
Maulinda, R., Muslihin, H. Y., dan Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 300–313.
Nofianti, R., Munisa, M., dan Agustia, N. R. (2022). Partisipasi Orang Tua dalam Implementasi Pembentukan Karakter Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4733–4738.
Noviampura, F. H. (2023). Upaya Meningkatkan Pengendalian Perilaku Emosional Anak Usia 4-6 Tahun melalui Peran Orang Tua dan Guru di RA. Al Miffa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5114–5122. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2360
Nurfadila, A., Aisyah, D. S., dan Karyawati, L. (2023). Disiplin dalam Pengendalian Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 21–28.
Puspita, S. M. (2019). Kemampuan Mengelola Emosi Sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program …Jurnal Program Studi PGRA, 5, 82–92.
Ritonga, R. S., Nofianti, R., Arifin, D., & Patuzahra, S. (2024). Efektivitas Play Therapy dalam Pengendalian Emosi Anak Usia. Jurnal Konseling Komprehensif, 19–26.
Sitompul, L. K., Stevani, L. D., Fauziah, R., dan Putri, V. T. (2021). Implementasi Teknik Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 501–512. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/4146
Widya, R., Putri, E., & Hutabarat, S. (2024). Religious Character Building In Early Childhood Through Independent Learning. The International Conference on Education, Social Sciences and Technology, 3(137), 166–173.
Zahra, F., dan Lubis, S. I. A. (2023). Pengasuhan Orang Tua Karir dan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Desa Sihepeng Dua Mandailing Natal. Journal on Teacher Education, 5(2), 40–46. www.oapub.org/soc
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fanicha Fanicha, Ristra Sandra Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




