HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DALAM KELUARGA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA USIA 4 SAMPAI 6 TAHUN DIDESA KEDAI DURIAN DUSUN VI DELITUA

Authors

  • Sherly Helena Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Suri Handayani Damanik Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44552

Keywords:

Penggunaan Gadget, Keterampilan Sosial, Anak Usia 4 sampai 6 Tahun

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dalam keluarga dengan keterampilan sosial anak usia 4 hingga 6 tahun di desa kedai durian dusun VI. Berdasarkan fakta yang ditemukan dilapangan masih terlihat anak dengan keterampilan sosial belum berkembang secara optimal. Populasi pada penelitian ini yaitu warga desa kedai durian yang berada di dusun VI yang mempunyai anak berusia 4 hingga 6 tahun yang dimana jumlah  anak didusun ini berjumlah 15 anak. Pengambilan sampel pada populasi tersebut menggunakan sampel jenuh, artinya seluruh populasi berjumlah 15 anak digunakan menjadi sampel penelitian. Seluruh data penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan panduan observasi. Kemudian seluruh data tersebut akan dianalisis menggunakan uji analisis deskripsi, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan korelasi spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara 2 variabel yang diperoleh analisis uji spearman rank diperoleh p value = 0,001 <α 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan penggunaan gadget dalam keluarga dengan keterampilan sosial anak dengan kekuatan hubungan dapat dilihat dari = - 0,686 yang dikategorikan dengan hubungan egative yang kuat antara penggunaan gadget dengan keterampilan sosial anak maka dapat disimpulkan bahwa ada atau terdapat hubungan penggunaan gadget dengan keterampilan sosial anak usia 4 sampai 6 tahun di desa kedai durian dusun VI . Peneliti menyarankan untuk sebaiknya orang tua mampu membatasi penggunaan gadget pada anak. Orangtua juga harus mengawasi anak dalam menggunakan gadget mengatasi konten apa saja yang dilihat anak untuk mengurangi sisi Negative penggunaan gadget yang akan mempengaruhi keterampilan sosial anak pada lingkungan sekitar.

References

Agusniatih, Andi, & Monepa, J. M. (Ed). (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jawa Barat.

Alini. (2023). Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Usia 4-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(1).

Anggi Kusuma. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1).

Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). Jumlah pengguna internet indonesia tembus 221 juta orang. (https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta)

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian:Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Desi, Rahayu & Solihin, I. & A. S. (2014). Peningkatan Keterampilan sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Antologi UPI, 8.

Wendy,W.Goh,B. & Vivian,C.H.(2015). Young School Children’s Use Of Digital Devices And Parental Rules.Telematic And Informatics,32,787-795.

Wiratna, S. (2014).Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami.Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Simanjuntak , S. H., & Damanik, S. H. (2025). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DALAM KELUARGA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA USIA 4 SAMPAI 6 TAHUN DIDESA KEDAI DURIAN DUSUN VI DELITUA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4182–4187. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44552

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)