TINJAUAN LITERATUR: KURIKULUM BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Aulia Natasya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Hujatilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mar’atul Adabiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Shofi Aulia Rahmah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Silva Ayu Samilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mustika Sholehah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.46425

Keywords:

Keterampilan Abad ke-21, Kurikulum Biologi, Pembelajaran Inkuiri

Abstract

Transformasi pendidikan di Indonesia menuntut pendekatan pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan abad ke-21. Pembelajaran biologi masih didominasi metode hafalan, sehingga kurang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penerapan kurikulum berbasis Inquiry Learning pada pembelajaran biologi, tantangan implementasinya, dan kontribusinya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap berbagai artikel ilmiah dan jurnal terkait model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri baik terbimbing, bebas, maupun terstruktur dapat meningkatkan keterampilan saintifik, pemahaman konseptual, dan literasi sains siswa secara signifikan. Studi kasus di berbagai sekolah memperlihatkan bahwa keberhasilan implementasi sangat dipengaruhi oleh pemahaman guru, ketersediaan fasilitas, serta integrasi teknologi. Pembelajaran berbasis inkuiri juga terbukti memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan kontekstual. Oleh karena itu, dukungan kebijakan, pelatihan guru, dan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi menjadi kunci keberhasilan penerapan model ini dalam pembelajaran biologi.

References

Amini., Irawati, S. & Kasrina. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII B MTsN 02 Kepahiang. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4 (1), 55-64.

Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azizah, N & Alberida, A. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA?. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388-395. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS.

Cahyaningrum, M. N., Rochintaniawati, D. & Kusnadi. (2023). Survey Pelaksanaan Pembelajaran Inkuiri di SMA. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (11), 9134-9142.

Cemara., Husna, D. R., Derullisa, J., Nilam, N. & Fitri, R. (2023). Literatur Review: Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding SEMNAS BIO. UIN Raden Fatah Palembang.

Chikita, D., Sari, P.S & Puspitasari,R.(2023). Penerapan Perencanaan Model Pembelajaran Teacher Center Di MTs Negeri 2 Rejang Lebong. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2 (3), 11854-11965.

Dwi, F. E & Lauchia, R. (2024). Peran Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 283-289.

Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. SHEs: Conference Series, 3(3), 2288-2294. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57127

Hakim, A. L., Harahap, L. H.,, Sudiansyah., Safitri, C. & Sari, N. P., Mufidah, Z. R., Nopriyanti, M., Wibowo, T. S., Selvianti, I., Mansur., Adimarta, T. & Andalia, N. (2023). Literasi dan Model Pembelajaran: Kunci Terampil di Era Revolusi 4.0. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Jafar, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekan. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 134-140.

Kristiani, N. (2013). Pembelajaran Berbasis Inkuiri dan Permasalahannya dalam Mata Pelajaran Biologi SMA di Kota Malang. Proceeding Biologi Education Conference, 10 (1).

Makawiyah., Zuraida. & Salbiah. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mutiara. Jurnal Sains Riset (JSR), 14 (1), 522-531.

Machfud. (2022). Pendekatan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pealajaran SBK Kelas VI Semester 2. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2 (2), 240-248.

Munib, A., & F. Wulandari. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Koperatif Tipe Course Review Horay dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160-172.

Muliarta, KI.(2018). Menerjemahkan Perubahan dari TCL (Teacher Center Learning) ke SCL (Student Center Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 76-86.

Selamet, LN. (2021). KETERAMPILAN ABAD KE-21 PADA PEMBELAJARAN SAINS DENGAN KONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES DI INDONESIA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11 (2), 14-21.

Siregar, S. D., Zhafira & Riandi. (2024). Inovasi Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Teknologi pada Materi Perubahan Lingkungan. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10 (2), 101-110.

Sutimah., & D. N. Tyas. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS dalam Konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2941-2952.

Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 37–47. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3990.

Yusuf, A. M., Hidayatullah, S., & Tauhidah, D. (2022). Hubungan Literasi Digital dan Saintifik dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA (The Relationship Between Digital and Scientific Literacy with Biology Cognitive Learning Outcomes of High School Students). Indonesia Journal of Biology Education, 5 (1), 8–16.

Yusup, I. R. (2018). Kesulitan Guru Pada Pembelaran Biologi Tingkat Madrasah/Sekolah Di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus wilayah Priangan Timur). Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 34–42. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187.

Zulkarnaen, M. Z., Suryana, I & Chandra, A. F. (2022). Pengaruh pembelajaran inquiry terhadap kemampuan practices of scientific investigation peserta didik: Analisis menggunakan pendekatan instruksional implisit dan eksplisit. Wahana Pendidikan Fisika, 7(2), 143-150 https://doi.org/10.17509/wapfi.v7i2.48006.

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Natasya, A., Hujatilah, S., Adabiah, M., Rahmah, S. A., Samilah, S. A., Sholehah, M., & Usman, U. (2025). TINJAUAN LITERATUR: KURIKULUM BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA PELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7265–7274. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.46425

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)