PENERAPAN METODE ICE BREAKING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA SIMPANG EMPAT MARBAU

Authors

  • Nurlaili Jannah Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nanda Rahayu Agustia Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44396

Keywords:

Ice Breaking, Pendidikan Islam, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode ice breaking dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak usia dini di RA Simpang Empat Marbau. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ice breaking dapat meningkatkan minat belajar anak, membangun suasana belajar yang menyenangkan, serta membantu anak dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam seperti kejujuran, disiplin, dan kerja sama

References

Arief, A., 2015. Metodologi Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bogdan, R. C., dan Biklen, S. K., 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Boston: Pearson.

Braun, V., dan Clarke, V., 2006. Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Creswell, J. W., 2016. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Hurlock, E. B., 2002. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., 2012. Manajemen PAUD. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J. W., 2011. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.

Suparlan., 2016. Menjadi Guru yang Kreatif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suyadi., 2019. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zubaedi., 2017. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aisyah, R., 2022. Metode Pembelajaran Islam pada Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Hidayat, M., 2020. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, T., 2018. "Ice Breaking dalam Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123-135.

Rohman, S., 2021. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono., 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Zahra, L., 2020. "Kendala dalam Implementasi Ice Breaking di RA". Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 45-56.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

Siregar, N. J., & Agustia, N. R. (2025). PENERAPAN METODE ICE BREAKING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA SIMPANG EMPAT MARBAU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4019–4022. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44396

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.