PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA ANAK USIA DINI DI RA PANCA BAKTI KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44298Keywords:
Pembelajaran kontekstual, Pembelajaran, Anak Usia DiniAbstract
Pembelajaran Kontekstual merupakan suatu metode pembelajaran yang berpusat pada anak. Pembelajaran kontekstual mengutamakan pada pengetahuan dan pengalaman atau dunia nyata, berpikir tingkat tinggi, berpusat pada anak, anak bersifat aktif, kritis, kreatif, memecahkan masalah, anak belajar menyenangkan, mengasyikkan, tidak membosankan dan menggunakan berbagai sumber belajar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual memiliki delapan ciri utama, yaitu membuat keterkaitan-keterkaitan yang memiliki makna, melakukan pekerjaan yang berarti, melakukan pembelajaran yang diatur sendiri, bekerjasama, berpikir kritis dan kreatif, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, mencapai standar yang tinggi dan menggunakan penilaian autentik. Di masa yang akan datang, diharapkan sistem pembelajaran terutama dalam Pendidikan anak usia dini agar lebih difokuskan pada pengalaman nyata anak sehingga dapat membantu untuk menemukan makna dari sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi khusus dalam membuat kegiatan yang kreatif dan inovatif agar suasana belajar menjadi menyenangkan, efektif dan efisien sehingga dapat terlaksana dengan baik.References
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Kadir, A., 2013. Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu. https://doi.org/10.21093/DI.V13I1.20/.
Marbun, S., Handayani, F. H., dan Simanjuntak, J., 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Kontektual Dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed.
Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa. Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Dewi, Sri Bintang Ketut., 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Bernuansa Bermain Berbantuan Media Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Adhe, Rinakit Kartika. 2011. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Tunas Harapan Tulungagung. Madiun: IKIP PGRI Madiun.
Munisa, M., Utami, R. D. ., Fitri, N. A. ., & Abdillah, . M. . H. A., 2023. Peran Mindfull Parenting dalam Membangun Keluarga Di RA Al Ikhlas Konggo Kabupaten Deli Serdang. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 31–35. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.147
Nofianti, R., 2019. Character Education In Early Age Children Based On Islamic Views And Teaching Of Rasulullallah SAW. In INTERNATIONAL HALAL CONFERENCE & EXHIBITION 2019 (IHCE) (Vol. 1, No. 1, pp. 259-265).
Parapat, A., 2020. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.
Sarilah. 2011. Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Siregar, B., 2019. KONSEP DASAR PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI. Jurnal At-Tabayyun, 2(2), 182–197. https://doi.org/10.62214/jat.v2i2.40
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,k ualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Thalib, M. A., 2022. Pelatihan Analisis Data Model Miles dan Huberman untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/MD.V5I1.2581.
Utami, RD, Munisa , M., dan Harahap , AS, 2020. The Influence Method Storytelling And Ability Listening to the Formation Character Early Childhood Discipline . Journal Veranda Science , 21(2), 273-300.
Utami, R. D., Anggraini, D., & Wijaya, R. F. (2024). USE OF AUDIOVISUAL MEDIA IN DEVELOPING DISCIPLINE ATTITUDES IN EARLY CHILDHOOD. PROSIDING UNIVERSITAS DHARMAWANGSA, 4(1), 297-309.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Hariati, Rahayu Dwi Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.