PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 4 ARALLE

Authors

  • Sulfaidah Sulfaidah Universitas Patompo
  • Andi Fatmayanti Universitas Patompo
  • Try Adriani Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38635

Keywords:

Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini mengkaji perbandingan dua kurikulum yang diterapkan di SMPN 4 Aralle yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan instrumen utama yang digunakan adalah wawancara. Subjek penelitian berjumlah 3 orang  yaitu dua orang guru yang menerapkan kedua kurikulum tersebut dalam pembelajaran serta kepala sekolah. Diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu penerapan kurikulum 2013 di SMPN 4 Aralle lebih efektif karena telah lama diterapkan. Sedangkan kurikukum Merdeka yang baru berjalan tetapi belum eefektif karena untuk saat ini masih dalam tahap proses penyesuaian. Perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka terdiri dari kompetensi yang dituju, dokumen persiapan pembelajaran, proses penilaian pembelajaran, alokasi waktu, dan hasil belajar.

References

Amiruddin, Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5487–5492.

Anggraini, M., Rahayu, S., & Wijaya, W. (2023). Kendala Guru Kelas Vii Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Jenjang Smp. Jurnal Review …, 6(2), 463–473. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18029%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/18029/13355

Aufa, A., Khairani, Y. D., Hasana, T. F., & Daulay, F. A. (2024). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka terhadap Pembelajaran di Kelas V A SDN 101765 Bandar Setia. 3(3).

Hermanto, H., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1502–1508. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.936

Melyanti, R., & Yusuf, N. (2021). Akidah Akhlak Di Mts Al Ma Arif Hidayatul Mubtadi ’ in. 10(1), 106–118.

Model Kurikulum Double Track di Pendidikan Menengah dan SNBT 2023_ Catatan Reflektif _ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. (n.d.).

Nur’aini, S. C., Hanti, M. D. N., Cahya, N. F. R., & Damariswara, R. (2022). Analisis Perbedaan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Prototype 2022 Berbasis Buku Panduan Guru Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5(2015), 603–615.

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Purwasih, T. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 15(2), 162. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/28097/19477

Putri, N. A., & Rezania, V. (2023). Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 179–187. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4031

Rachmadtullah, R., Nadiroh, N., Sumantri, M. S., & S, Z. M. (2018). Development of Interactive Learning Media on Civic Education Subjects in Elementary School. 251(Acec), 293–296. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.67

Ramadhan, I., Firmansyah, H., Imran, I., Purnama, S., & Wiyono, H. (2023). Transformasi Kurikulum 2013 Menuju Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pontianak. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 53–62. https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2097

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 751–758. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4760

Ramadhani, S. P., & MS, Z. (2020). Profesional pedagogy guru terhadap perubahan. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 384–397.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Susanti, M., Rahmadona, T., & Fitria, Y. (2023). Studi Literatur: Perbedaan Penilaian Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(1), 339–350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4444

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Sulfaidah, S., Fatmayanti, A., & Adriani, T. (2025). PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 4 ARALLE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1593–1599. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38635

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.