PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 4 ARALLE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38635Keywords:
Kurikulum 2013, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini mengkaji perbandingan dua kurikulum yang diterapkan di SMPN 4 Aralle yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan instrumen utama yang digunakan adalah wawancara. Subjek penelitian berjumlah 3 orang yaitu dua orang guru yang menerapkan kedua kurikulum tersebut dalam pembelajaran serta kepala sekolah. Diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu penerapan kurikulum 2013 di SMPN 4 Aralle lebih efektif karena telah lama diterapkan. Sedangkan kurikukum Merdeka yang baru berjalan tetapi belum eefektif karena untuk saat ini masih dalam tahap proses penyesuaian. Perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka terdiri dari kompetensi yang dituju, dokumen persiapan pembelajaran, proses penilaian pembelajaran, alokasi waktu, dan hasil belajar.References
Amiruddin, Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5487–5492.
Anggraini, M., Rahayu, S., & Wijaya, W. (2023). Kendala Guru Kelas Vii Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Jenjang Smp. Jurnal Review …, 6(2), 463–473. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18029%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/18029/13355
Aufa, A., Khairani, Y. D., Hasana, T. F., & Daulay, F. A. (2024). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka terhadap Pembelajaran di Kelas V A SDN 101765 Bandar Setia. 3(3).
Hermanto, H., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1502–1508. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.936
Melyanti, R., & Yusuf, N. (2021). Akidah Akhlak Di Mts Al Ma Arif Hidayatul Mubtadi ’ in. 10(1), 106–118.
Model Kurikulum Double Track di Pendidikan Menengah dan SNBT 2023_ Catatan Reflektif _ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. (n.d.).
Nur’aini, S. C., Hanti, M. D. N., Cahya, N. F. R., & Damariswara, R. (2022). Analisis Perbedaan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Prototype 2022 Berbasis Buku Panduan Guru Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5(2015), 603–615.
Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974
Purwasih, T. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 15(2), 162. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/28097/19477
Putri, N. A., & Rezania, V. (2023). Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 179–187. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4031
Rachmadtullah, R., Nadiroh, N., Sumantri, M. S., & S, Z. M. (2018). Development of Interactive Learning Media on Civic Education Subjects in Elementary School. 251(Acec), 293–296. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.67
Ramadhan, I., Firmansyah, H., Imran, I., Purnama, S., & Wiyono, H. (2023). Transformasi Kurikulum 2013 Menuju Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pontianak. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 53–62. https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2097
Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 751–758. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4760
Ramadhani, S. P., & MS, Z. (2020). Profesional pedagogy guru terhadap perubahan. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 384–397.
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.
Susanti, M., Rahmadona, T., & Fitria, Y. (2023). Studi Literatur: Perbedaan Penilaian Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(1), 339–350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4444
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sulfaidah Sulfaidah, Andi Fatmayanti, Try Adriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.