ANALISIS PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 06 BROMO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.43167Keywords:
Pembelajaran, Kompetensi Profesional, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo menggunakan metode pembelajaran bervariasi, metode tersebut diri dari terdiri dari metode pembelajaan bercakap-cakap, bercerita, demonstrasi dan menggunakan media yang berbeda setiap harinya. Guru melakukan evaluasi dengan instrumen ceklis untuk melihat kemampuan anak sehingga guru dapat menyusun kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan anak. Guru memberikan peringatan kepada anak, apabila anak melakukan kesalahan atau perbuatan yang tercela. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan kreatif, tetapi guru kelas melati menyampaikan materi pembelajaran dengan monoton karena berfokus pada media pembelajaran. Guru tidak memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada saat menyapaikan materi pembelajaran.References
Antonius. (2019). Buku Pedoman Guru (W. A. Aziz (ed.); III). Penerbit Yrama Widya.
Dilfa, A. H., Sulaiman, Grave, A. De, Rosidin, Donasari, E. I., Putri, N. W. S., Ariana, A. A., Siahaan, F. M., Nasrullah, A. M., & Rifai, A. (2023). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka (I. A. Putri (ed.); Pertama). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. In K. Media (Ed.), Teknik Komputer (Pertama, Vol. 2, Issue 1). CV. Kanaka Media.
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In N. Rismawai (Ed.), Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran (Pertama). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhruddin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (R. Aqli (ed.); Cetakan I). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Lidiawati, Lastriyani, I., Gunawan, U., & Berliana. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar : Analisis, Implementasi, Pengelolaan Dan Evaluasi. In A. T. R. Rosa (Ed.), Cv.Eureka Media Aksara (Pertama). Eurika Media Aksara.
Makarau, N. I. (2023). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdaka untuk Mewujudkan PAUD Berkualitas. UIN Sunan Kalijaga.
Rahmawati, Y. T. N. (2019). Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman ISSN, Vol. No. 6(Issue No.1), 1–22.
Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran (A. Prihatna (ed.); Pertama). Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043
Verniati, F., & Iranto, D. (2023). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Kreativitas Guru terhadap Inovasi Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. 7, 18521–18527.
Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (E. Widianto (ed.); Kedua). Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miska Hayati, Wan Nova Listia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.