PANDUAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DENGAN ONYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40293Keywords:
Desain, Pembelajaran Siswa, ONYAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan ONYA (Objektif, Navigasi, Yakin, dan Aksi) dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Pendekatan ONYA, yang berlandaskan pada teori konstruktivisme, mengutamakan proses pembelajaran yang aktif dan interaktif dengan melibatkan siswa dalam kegiatan yang membangun pengetahuan mereka secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), yang mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur, seperti buku, artikel, dan jurnal terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap elemen dalam pendekatan ONYA memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa. Tahap Objektif membantu siswa memahami tujuan pembelajaran, Navigasi memberikan panduan yang jelas, Yakin memperkuat rasa percaya diri siswa, dan Aksi mendorong siswa untuk terlibat dalam aktivitas kolaboratif yang aplikatif. Dengan dukungan sarana teknologi, seperti smartphone, laptop, LCD projector, dan LKPD, pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Pendekatan ONYA dapat diterapkan secara efektif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih dinamis, kolaboratif, dan berbasis pada pengembangan keterampilan kritis siswa.References
1A, Tegar Roli, Jias Mengki, Fredik Melkias Boiliu, Dina Ramadhanti, Achmad Faqihuddin, A. Ubaidillah, Rommel Utungga Pasopati, Sulis Maryati, and Piki Setri Pernantah. Inovasi Pendidikan & Pembelajaran Multi Perspektif, 2024. https://www.researchgate.net/publication/381847970.
Arta, Grisma Yuli. “Asesmen Dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 3, no. 3 (2024): 170–90.
Astri Depika Putri, Akhmad Sugianto, and Eklys Cheseda Makaria. “Hubungan Kepercayaan Diri Dan Harga Diri Dengan Kerja Keras Dalam Wasaka Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8, no. 2 (2024): 619–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Arini, Muhiddin Palennari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.