POTRET MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM TERPADU di SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39534Keywords:
Integrasi Pendidikan; Nilai islam; Kurikulum; SMP Islam TerpaduAbstract
Artikel ini mengkaji tentang implementasi pendidikan umum dan integrasi nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum di Sekolah Menengah Islam Terpadu Wahdah Islamiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan lapangan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah berhasil mengintegrasikan pendidikan agama dan umum melalui kurikulum yang berimbang. Sekolah ini menawarkan konten lokal yang menarik seperti hafalan Alquran, bahasa Arab, dan pendidikan karakter berdasarkan prinsip Tarbiyyah Islamiyah. Dalam penerapan kurikulum kami, kami menekankan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan partisipatif untuk membantu siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga mengembangkan karakter yang kuat. Kegiatan sehari-hari seperti salat duha, salat subuh, dan tadarus merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian siswa dan menunjang terbentuknya nilai-nilai keIslaman di kalangan mereka. Namun penelitian ini juga mengungkap beberapa tantangan seperti ketidakstabilan sumber daya manusia akibat seringnya pergantian guru dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Hal ini berdampak pada kesinambungan dalam membimbing dan mendukung perkembangan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak sekolah mengkomunikasikan visi dan misinya kepada orang tua dan mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah. Analisis menemukan bahwa sinergi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Kajian ini menyoroti perlunya evaluasi berkelanjutan terhadap program yang dilaksanakan untuk menjamin tercapainya visi dan misi pendidikan yang diinginkan serta meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Islam Terpadu Wahdah Islamiyah.References
Fauzi, M. N., & Qoyyimah, A. F. (2022). Implementasi Fungsi Manajemen Kurikulum Pembelajaran Muatan Lokal Program Kepesantrenan Di Smp Plus Darussalam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.30739/jmpid.v4i1.1619
Firdausi, N. I. (2020). No ????????????????????? ?????????????????Title. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Fiyul, A. Y., & Ginanjar, W. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Smp Islam Terpadu Insan Mandiri Kota Sukabumi. Jurnal ‘Ulumuddin, 1(1), 65–89.
Hamka, S. (2023). Descriptive Analysis of The Integrative Curriculum of SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. 12 Waiheru, 9(1), 26–34. https://doi.org/10.47655/12waiheru.v9i1.96
Harisnur, F. (2021). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah IslamTerpadu (Jsit) Untuk Sekolah/Madrasah. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(2), 52–65.
Ismael, F., & Iswantir, I. (2022). Konsep Pendidikan Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.30
Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630
Kurnia, R. (2016). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Implementasinya. Fitra, 2(2), 106–115.
Muh Tahir Malik, Muhammad Alqadri Burga, H. S. (2023). REFERENSI | Kajian Manajemen dan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Berkala, 2(Juni), 23–32. https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/view/188/174
No ????????????????????? ?????????????????Title. (2021). Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Novianti, H. (2019). Konsep Kurikulum Terpadu Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 127. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.364
Permana, W. A. (2020). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan ?. Jurnal Isema?: Islamic Educational Management, 5(1), 83–96. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5989
Sambang, Prasetiya, B., & Hidayah, U. (2022). Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 135–147.
SHELEMO, A. A. (2023). No Title????. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Siradjuddin, N. (2024). Penilaian Kinerja SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar dalam Perspektif Balanced Scorecard. 228–238.
Smk, D. I., Enrekang, N., Building, C., Tarbiyah, T., & Program, I. (2021). Hadis Santung?: 9(1).
Tidung, J. T. I. (2021). Jurnal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communicatio.
Ummam, A. M. N. R. N., Qodarina, N., Siregar, P. I. R., & Firmansyah, A. (2023). Kendala Dan Kelemahan Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja Sektor Publik: Suatu Tinjauan. Journal of Law, Administration, and Social Science, 3(1), 63–71. https://doi.org/10.54957/jolas.v3i1.378
Wahab, W. (2018). MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN SMPIT NURUL ISLAM Tengaran-Kabupaten Semarang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 4(1), 125–136. https://doi.org/10.18784/smart.v4i1.580
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mufidah Masyruhah, Nunie Widiany Hamid, Mutammi Mal Husna, Aris Munandar, Ahlun Ansar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.