POTRET MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN IMMIM PUTRA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39523Keywords:
Pesantren IMMIM, Pendidikan Modern, Manajemen DemokratisAbstract
Pensatren IMMIM dikenal sebagai pesantren modern yang menggabungkan Pendidikan agama dan umum, serta menggunakan teknologi dalam proses pembelajarannya. Dengan prinsip “Bersatu dalam Akidaah, Toleransi, dan Hilafiyah”, pesantren ini menerapkan system manajemen demokratis, dimana Keputusan diambil melalui musyawarah. Reputasi pesantren yang baik didukung oleh pembinaan akhlak, ibadah, dan keterampilan santri selama 24 jam. Pesantren IMMIM juga memiliki prestasi tinggi dalam bidang akademik dan ekstrakurikuler, meskipun menghadapi tantangan dalam peningkatan mutu Pendidikan dan pengawasan asrama. Untuk mengatasi hal ini, pesantren menerapkan seleksi guru yang ketat dan pelatihan berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren Modern Immim Putra Makassar. data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan responden utama adalah kepala sekolah dan guru SMP di pesantren tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat mengambil simpulan bahwa Pesantren IMMIM Putra Makassar merupakan salah satu pesantren modern yang mampu mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkan pendidikan berbasis agama dan umum.References
Adolph, R. (2016). ??No Title No Title No Title. 1–23.
Ahmad Aditian F, dkk. (2020). Kepemimpinan Kharismatik Kyai Dalam Pondok Pesantren Modern. Al Yasini?: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 5(36), 224–238. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3792
Alfiah. (2006). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan Terhadap Peningkatan Nilai Spiritual Siswa di MAN 1 Watampone. Jurnal Pendidikan Islam; Prodi PAI Pascasarjana IAIN Watampone, 46–55. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alqayyimah/article/view/791%0Ahttps://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alqayyimah/article/download/791/534
Ali, K. M., Imtihana, A., Ismail, F., & Zaini, H. (2018). Penerapan Pola Asuh Terhadap Santri Di Pondok Pesantren Al-Amalul Khair Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 279. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1797
Anjeli, D., Faulina, S. T., & Fakih, A. (2022). Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 49 OKU Menggunakan Embarcadero XE2 Berbasis Client Server. Jurnal Informatika Dan Komputer (JIK), 13(2), 57–66.
Arya, M., & Endrawijaya, I. (2016). Kajian Pelayanan Dan Fasilitas Asrama Di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Jurnal Ilmiah Aviasi Langit Biru, 10(1), 28–39.
Basri, M. H., Suherman, I., & Ramdhani, M. R. (2024). Analisis Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren. 3, 9187–9208.
Darussalam, A. (2017). TAHDIS Volume 8 Nomor 1 Tahun 2017. 8, 1–20.
Emawati, E., & Masyitah, I. (2022). Ekstrakurikuler di Pesantren Moderen: Sebuah Upaya dalam Pembentukan Karakter Santri. DAYAH: Journal of Islamic Education, 5(2), 278. https://doi.org/10.22373/jie.v5i2.13453
Fauzi, A. (2017). Manajemen Dana Dan Sumber Dana Pondok Pesantren. Tasyri’, 24(1), 59–75. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3176
Fauzi, M. A., Mutohar, P. M., & Harsoyo, R. (2023). Implementasi Pembinaan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Nganjuk. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.130
Fitri, M. H., Fadillah, M. A., & ... (2022). Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Di Kelurahan Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon …. … Pendidikan Sejarah & …, 2(1), 76–93. https://online-journal.unja.ac.id/jejak/article/view/20317
Gujarati, D., & Porter, D. (2010). No ????????????????????? ?????????????????Title. 2, 51–72.
Hafiz, A. (2018). Prestasi Belajar Siswa Yang Bekerja Sebagai Tukang Semir Di Kota Bukittingi. Jurnal As-Salam, 2(3), 12–24. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i3.94
Humaidah, Hasibun, & Nasution, B. (2018). Penerapan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning Kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–11.
Khoirul Bariyyah, Fitri Rahayu, & Maulana Muhammad Taufiqi. (2023). Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 534–556. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12104
Kokom, E., & Suryana, Y. (2019). Manajemen Kurikulum Di Pesantren. Jurnal Isema?: Islamic Educational Management, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.15575/isema.v2i1.4995
Kurnia, I. H., Santoso, D., & Dkk. (2013). Strategi HUMAS dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta). Jupe UNS, I(2).
Kurniati, N., Halidjah, S., & Priyadi, A. T. (2023). Peran Orang Tua dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 17 Kabupaten Sintang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(3), 112–117.
Ma`arif, M. A., & Kartiko, A. (2018). Fenomenologi Hukuman di Pesantren?: Analisis Tata Tertib Santri Pondok Pesantren Daruttaqwa Gresik Muhammad Anas Ma ` arif Ari Kartiko Pendahuluan Manusia merupakan mahluk yang diberi kelebihan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa di bandingkan dengan makhluk yang. Nadwa?: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 181–196. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/1862/pdf
Maksum, A. (2016). Model Pendidikan Toleransi Di Pesantren Modern Dan Salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.81-108
Maria, P. C. (2022). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.30631/smartkids.v4i1.109
mARIATY PODUNGGE1, A. H., & 1Prodi. (2022). Peran Bagian Bahasa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Santriwati Pesantren Hubulo. Jurnal Eduscience, 9,No.3(3), 602–614.
Mufid, Indra, H., & Alim, A. (2023). Manajemen Guru Asrama (Musyrif) dalam Memanaj Program Keagamaan di SMAIT Nurul Fikri Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 335–348. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.4021
Muktar, M., & Amiruddin, A. (2022). Transformasi Sistem Pendaftaran Santri Baru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Penelitian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga). … Islami: Jurnal …, 1085–1100. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2854
Nashiruddin, A. (2019). Fenomena Bullying Di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kajen Pati. Quality, 7(2), 81. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6295
Nurlia. (2019). Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Pengukuran Kualitas Pelayanan. Meraja Journal, 2(2), 51–66. https://media.neliti.com/media/publications/284699-pengaruh-struktur-organisasi-terhadap-pe-1ea03fb3.pdf
Paminto, J., Rosiana, T., Budiyono, B., & Budisantoso, H. T. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pesantren dengan Sistem Boarding School. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 41–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.15937
Pokhrel, S. (2024). No Title?????. ????, 15(1), 37–48.
Puwanto, N. A. (2018). Pendidikan Dan Kehidupan Sosial. In Humanika (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.21831/hum.v7i1.21015
Rofiq Hidayat, Revina Dewi Agustin, Luluk Atul Fitriyah, & Najibur Rahman. (2023). Manajemen Layanan Asrama MAN 2 Jember (Studi Kasus: Peran Kepala Asrama Dalam Pengelolaan Layanan Asrama). Lokawati?: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(1), 223–237. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i1.513
Rudini, R. (2020). Aktualisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Tarbawy?: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47–60. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1185
Rustantomo, & Fatimatuzzahro. (2022). Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap Interaksi Sosial Santri Putri di Pondok Pesantren Miftahul Huda IV Mojosari Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 183–192.
Salamah, U., & Hidayatulloh, A. (2019). POLA INTERAKSI USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBELAJARAN ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Blitar). J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 46. https://doi.org/10.18860/jpips.v6i1.7804
Saraswati, R. S., Inawati, W. A., & Octrina, F. (2023). Tata Kelola Pesantren: Penerapan Struktur Organisasi Entitas Berorientasi Non Laba Di Pondok Pesantren Kabupaten Bandung. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 858. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12653
Saraswati, R. S., Octrina, F., & Inawati, W. A. (2023). Struktur Organisasi: Peranan Deskripsi Pekerjaan Dalam Mencapai Tujuan Di Pondok Pesantren Kabupaten Bandung. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3551. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16139
Sarwindah. (2021). 265588-Sistem-Pendaftaran-Siswa-Baru-Pada-Smp-N-048B4Eb9. 07(September), 110–115.
Sayektiningsih, S., Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Manajemen Pendidikan, 12(3), 228–238. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i3.5518
Setiawan, E. (2013). MODERNISASI POLA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Daarul Fikri Mulyoagung Dau Malang). ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(2), 176. https://doi.org/10.18860/ua.v14i2.2656
Soleh, A., Maya, R., Priyatna, M., Pendidikan, M. P., Islam, A., Al, S., Bogor, H., Tetap, D., & Pendidikan, P. (2019). Metode halaqah dalam pembelajaran tahfidz al Quran di pondok pesantren tahfidz Al-Quran Darussunnah Parung Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 43–52. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/408/326
Solikin, A., Fatchurahman, M., & Supardi, S. (2017). Pemimpin Yang Melayani Dalam Membangun Bangsa Yang Mandiri. Anterior Jurnal, 16(2), 90–103. https://doi.org/10.33084/anterior.v16i2.41
Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353
Syarifah, L., Latifah, N., & Puspitasari, D. (2021). Keteladanan Pengasuh dan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 97. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51324
Syuhud, S. (2019). Partisipasi Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Di Pondok Pesantren. Al-Tanzim?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 37–48. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.658
Tadjudin, T. (2013). Pengawasan dalam Manajemen Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.195-204
Wais Al Qorni, A. (2021). Manajemen Rekrutmen Santri Tahfidz Al Qu’ran Tingkat Madrasah Aliyah. Rayah Al-Islam, 5(02), 506–513. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.480
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitriah Rachmaniar Idil, Hasbiya Hasbiya, Firman Setiawan Kariwangan, Aris Munandar, Ahlun Ansar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




