POTRET MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS BOARDING SCHOOL di AL FITYAN SCHOOL GOWA

Authors

  • Ardianita Ardianita Universitas Negeri Makassar
  • Diami Asbasari Jarsyah Universitas Negeri Makassar
  • Dhea Ananda Pratiwi Universitas Negeri Makassar
  • Aris Munandar Universitas Negeri Makassar
  • Ahlun Ansar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39521

Keywords:

Sekolah Berasrama, Al-Fityan, Islam Terpadu

Abstract

Islamic Boarding School merupakan salah satu jenis pendidikan Islam Indonesia yang bertujuan bagi santrinya untuk menjalankan pendidikan formal sesuai jenjangnya dan sekaligus dapat mendalami ilmu agama Islam dengan mengikuti kegiatan keseharian di dalam lingkungan sekolah dan bertempat tinggal di sebuah asrama atau pondok. Adapun tujuan penelitian untuk mengidentifikasih dan menganalisis persepsi kepala asrama Al-Fityan School Gowa dan kepala sekolah SMPIT Al-Fityan School Gowa mengenai 1. Sejarah berdirinya Al-Fityan School Gowa dan program-program unggulan yang ditawarkan, serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi identitas sekolah sebagai lembaga pendidikan berasrama. 2. Apa struktur organisasi dan kepemimpinan di asrama, serta bagaimana kualifikasi tenaga pendidik dan metode pembinaan yang diterapkan untuk Mendukung perkembangan siswa. 3. Bagaimana mekanisme penerimaan siswa baru dan kriteria seleksi yang diterapkan, serta bagaimana kurikulum dan program akademik di sekolah Berasrama ini mendukung pencapaian akademik siswa. 4. Apa saja fasilitas yang disediakan untuk siswa di asrama, bagaimana kebijakan kedisiplinan dan interaksi sosial di lingkungan sekolah, serta bagaimana hubungan antara siswa dan orang tua dalam konteks kehidupan di asrama. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan untuk memahami fenomena sosial secara mendalam. Metode kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi perspektif dan pengalaman subjektif dari subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Al-Fityan Gowa berhasil menerapkan sistem manajemen pendidikan yang komprehensif melalui program akomodasi asrama yang efektif. Penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi yang jelas, dengan partisipasi kepala sekolah dan kepala asrama yang saling mendukung, memberikan kontribusi terhadap pelatihan siswa baik di bidang akademik maupun non-akademik.

References

Abd Hamid, H. P., Siraj, A., & Maulana, A. (2022). Manajemen Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa. Nazzama: Journal of Management Education, 2(1), 113–128. https://doi.org/10.24252/jme.v2i1.31765

Baharun, H., & Alawiyah, S. (2018). Pendidikan Full Day School Dalam Perspektif Epistemologi Muhammad ‘Abid Al- Jabiri. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i1.4362

Christian, Y. A., & Kustanti, E. R. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas Xi Sma Pangudi Luhur Van Lith. Jurnal EMPATI, 11(6), 394–401. https://doi.org/10.14710/empati.0.36829

Faridah, F., Arismunandar, A., & Bernard, B. (2018). Sekolah Berasrama Di Sulawesi Selatan. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 142. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i1

Fauzi, M. R., & Matofiani, R. (2022). Peran Pemimpin dalam Kebijakan Pembelajaran Selama Krisis COVID-19. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 141–164. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-9

Febriansa, F. (2019). Pembinaan Peserta Didik Sekolah Berasrama Di Smp Islam Athirah Ii Makassar.

Hakiem, A. (2021). Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pesantren Afaada Boyolali. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 384. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.5057

Hithah, F. M., Suyono, B., & Rukayah, S. (n.d.). Metode yang digunakan dalam pembahasan adalah metode deskriptif dengan melakkan pengumpulan data primer maupun sekunder , dengan cara?: Studi Literatur Mengumpulkan data dengan cara buku , jurnal serta pengumpulan teori maupun kajian bersumber dari intern.

Ilmah, N., Malli, R., & Madani, M. (2022). Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Mentoring Tarbawi Di Sekolah Menengah Islam Pertama Terpadu Al-Fityan School Gowa. Education and Learning Journal, 3(2), 131. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.180

Kasanah, N., & Wanto, D. (2024). Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madarasah Aliyah Negeri 1 Curup. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(1), 25–38. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i1.5086

Kurniasih, N. (2017). Kesejahteraan Siswa Di Sekolah Berasrama. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, N., Apriani, N., Salsabila, & Ishak. (2021). Equity in Education Journal (EEJ). Efektif, Swasta Kota, D I Raya, Palangka, 4(2), 46–53. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/2447/2221

Nurul fadilah Rhamadani, Muhammad Ardiansyah, I. (2023). Meningkatkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Di Sma Negeri 2 Gowa Kab. Gowa. 2.

Pambudi, M. N., & Samidjo, S. (2019). Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 67. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3551

Pertiwi, P. . (2018). Internalisasi nilai-nilai toleransi dalam sistem boarding school di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Bashiroh Turen-Malang. Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies, 1(1), 57. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/218/120

Setyawanto, T. D. (2016). Manajemen Kurikulum di SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan Sleman Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya, 5(8), 37–48. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/download/5135/4802

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Tang, A., Aji, A. P., & Bachtiar, A. (n.d.). Membentuk Karakter Unggul dengan Sistem Boarding School di Muhammadiyah Boarding School ( MBS ) Sorong. 5(4), 5711–5721.

Vergi Raudatul, D. (2018). Perbandingan Prestasi Belajar Geografi Siswa Berasrama dan Non Asrama Di Kelas XI IPS SMA Islam Terpadu Al-Fityan Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 3(1), 94–104.

Yusuf Maimun, M., Mahdiyah, A., & Nursafitri, D. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Islamic Boarding School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1208–1218. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.234

Zamzami, M. C. (2015). Penguatan pengalaman keagamaan di sekolah. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 293–310.

Tang, A., Aji, A. P., & Bachtiar, A. (n.d.). Membentuk Karakter Unggul dengan Sistem Boarding School di Muhammadiyah Boarding School ( MBS ) Sorong. 5(4), 5711–5721.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Ardianita, A., Jarsyah, D. A., Pratiwi, D. A., Munandar, A., & Ansar, A. (2024). POTRET MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS BOARDING SCHOOL di AL FITYAN SCHOOL GOWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19206–19215. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39521

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)