HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KECERDASAN NATURALIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alda Dwi Rachmandini Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lativa Qurrotaini Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42688

Keywords:

Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Naturalis, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat mempengaruhi siswa, terutama pada sikap kepedulian dan kesadaran pada lingkungan dan alam sekitarnya, karena dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka terdapat banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan dan alam terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini memiliki hubungan terhadap kecerdasan naturalis siswa dan apakah dengan kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga dapat mengembangkan kecerdasan naturalis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka memiliki dampak hubungan yang kuat dengan signifikansi sebesar 36,3% terhadap kecerdasan naturalis. Jadi dengan mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka siswa dapat mengembangkan kecerdasan naturalis sehingga memiliki kesadaran akan lingkungan sekitarnya.

References

Agustinalia, Irma. 2018. Mengenal Kecerdasan Manusia. Sukoharjo: Graha Printama Selaras

Alhamda, Syukra. 2018. Buku Ajar Metlit dan Statistik. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Anna, Choerul. (2015). Hubungan Kecerdasan Naturalis dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas III SD se-kecamatan Gondokusuman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 25(5): 2411-2425

Damanik, Saipul Ambri. (2014). Pramuka Ekstrakulikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan 13 (2): 16-21

Jiyono. 2019. Aku Pramuka Indonesia. Surakarta: PT. Era Pustaka Utama

Khuzludani, Irsyadila. Afifulloh, Mohammad. Dewi, Mutiara Sari. 2020. Pengembangan Multiple Intellegence Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di MI Khadijah Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2(2):86-97

Nuryadi. Astusi, Tutut Dewi. Utami, Endang Sri. Budiantara, M. 2023. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Rahmatunnisa, Sriyanti & Halimah, Siti. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Bermain Pasir. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):67-82

Ratnawati, Indah. Imron, Ali. Benty, Djum Djum Noor. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 1 (3):284-292

Rofiah, Nurul Hidayati (2016). Menerapkan Multiple Intelligence dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 8 (1): 68-79

Rosalina, Linda. Oktarina, Rahmi. Rahmiati. Saputra, Indra. 2023. Buku Ajar Statistika. Padang: MRI Publisher

Rujakat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Saripudin, Aip. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak 3(1): 1-18

Sugiharto, Toto. Kasimun. Endris, Atma. R., Satmoko. 2018. Buku Pintar Pramuka: Alta Utama

Sumantri, Moh. Syarif & Diana. (2011). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Pengetahuan berwawasan lingkungan terhadap kecerdasan naturalis anak usia dini 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI 6 (1): 42-53

Suyatno. 2019. Metode Kepramukaan: Untuk Pembina dan Pelatih Pramuka. Jakarta: Mustika Ilmu.

Yasbianti. Giyartini, Rosarina. Lutfiana, Anisa. (2017) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui kegiatan Bercocok Tanam di Bambim Al-Abror Kecamatan Mangkubum Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia 1(2):203-213

Yunisari, Dewi. Amri, Amsal. Fakhriah. (2016). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak di Sentra Bahan Alam pada PAUD Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini1(1):11-18

Downloads

Published

2025-03-08

How to Cite

Rachmandini, A. D., & Qurrotaini, L. (2025). HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KECERDASAN NATURALIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3256–3263. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42688

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.