HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KECERDASAN NATURALIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42688Keywords:
Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Naturalis, Sekolah DasarAbstract
Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat mempengaruhi siswa, terutama pada sikap kepedulian dan kesadaran pada lingkungan dan alam sekitarnya, karena dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka terdapat banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan dan alam terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini memiliki hubungan terhadap kecerdasan naturalis siswa dan apakah dengan kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga dapat mengembangkan kecerdasan naturalis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka memiliki dampak hubungan yang kuat dengan signifikansi sebesar 36,3% terhadap kecerdasan naturalis. Jadi dengan mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka siswa dapat mengembangkan kecerdasan naturalis sehingga memiliki kesadaran akan lingkungan sekitarnya.References
Agustinalia, Irma. 2018. Mengenal Kecerdasan Manusia. Sukoharjo: Graha Printama Selaras
Alhamda, Syukra. 2018. Buku Ajar Metlit dan Statistik. Yogyakarta: Deepublish Publisher
Anna, Choerul. (2015). Hubungan Kecerdasan Naturalis dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas III SD se-kecamatan Gondokusuman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 25(5): 2411-2425
Damanik, Saipul Ambri. (2014). Pramuka Ekstrakulikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan 13 (2): 16-21
Jiyono. 2019. Aku Pramuka Indonesia. Surakarta: PT. Era Pustaka Utama
Khuzludani, Irsyadila. Afifulloh, Mohammad. Dewi, Mutiara Sari. 2020. Pengembangan Multiple Intellegence Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di MI Khadijah Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2(2):86-97
Nuryadi. Astusi, Tutut Dewi. Utami, Endang Sri. Budiantara, M. 2023. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Rahmatunnisa, Sriyanti & Halimah, Siti. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Bermain Pasir. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):67-82
Ratnawati, Indah. Imron, Ali. Benty, Djum Djum Noor. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 1 (3):284-292
Rofiah, Nurul Hidayati (2016). Menerapkan Multiple Intelligence dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 8 (1): 68-79
Rosalina, Linda. Oktarina, Rahmi. Rahmiati. Saputra, Indra. 2023. Buku Ajar Statistika. Padang: MRI Publisher
Rujakat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish Publisher
Saripudin, Aip. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak 3(1): 1-18
Sugiharto, Toto. Kasimun. Endris, Atma. R., Satmoko. 2018. Buku Pintar Pramuka: Alta Utama
Sumantri, Moh. Syarif & Diana. (2011). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Pengetahuan berwawasan lingkungan terhadap kecerdasan naturalis anak usia dini 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI 6 (1): 42-53
Suyatno. 2019. Metode Kepramukaan: Untuk Pembina dan Pelatih Pramuka. Jakarta: Mustika Ilmu.
Yasbianti. Giyartini, Rosarina. Lutfiana, Anisa. (2017) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui kegiatan Bercocok Tanam di Bambim Al-Abror Kecamatan Mangkubum Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia 1(2):203-213
Yunisari, Dewi. Amri, Amsal. Fakhriah. (2016). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak di Sentra Bahan Alam pada PAUD Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini1(1):11-18
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alda Dwi Rachmandini, Lativa Qurrotaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.