ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DEMONSTRASI DALAM PENDIDIKAN BIOLOGI: STUDI EFEKTIVITAS DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42096Keywords:
Metode Pembelajaran, Demonstrasi, Pendidikan BiologiAbstract
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi peserta didik untuk mencapai tujuan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan peserta didik dengan metode belajar yang tepat. Hasil belajar pada pembelajaran biologi adalah untuk memahami sistem kehidupan, keragaman makhluk hidup, dan interaksi di dalamnya. Selain itu, pembelajaran biologi juga bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, berpikir kritis, dan kreatif. Selain itu, tujuan pembelajaran ini adalah untuk memahami sistem kehidupan, keragaman makhluk hidup, dan interaksi di dalamnya. Selain itu, pembelajaran biologi juga bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, berpikir kritis, dan kreatif. Penyajian tulisan ini didasarkan pada analisis data kepustakaan dengan model analisis deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Sebelum melakukan pembelajaran dengan menggunakna metode demonstrasi, diharapkan menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan dalam prosesnya. Metode mengajar adalah suatu cara menyampaikan tujuan pengajaran baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang sehingga peserta didik dengan mudah menerima pelajaran tersebut dengan baik, maka tujuan yang dicapai akan berhasil dengan baik. Hal ini berarti bahwa guru biologi hendaknya dapat mengembangkan cara dan kebiasaan belajar yang sebaik-baiknya. Selanjutnya sangat diharapkan guru dapat memberikan fasilitas yang memadai sehingga peserta didik dapat belajar secara efektif.References
Ahmadi, Abu, Psikologi Belajar, Jakarta: Renika Cipta, 2004.
A Ismunandar, integrasi interkoneksi profesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter, Ta'lim 4 (Universitas muhammadiyah Lampung), 34-49.
A Ismunandar, Paradigma Pengembangan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 1 (1), 45-57
A Kurnia, Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6 (2), 388-397.
AP Rini, Implikasi era revolusi industry 4.0 terhadap pengembangan kemampuan sumber daya manusia di perguruan tinggi, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (2), 4831-4837.
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
-------, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M. A., Ismunandar, A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. 2023. Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Edisi ke-2, Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Djamarah, S.B., dan. Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, PT Rineka Cipta, Jakarta, Edisi Revisi, 2010.
Endrayanto, Herman Yosep Sunu dan Yustiana Wahyu Harumurti, Penilaian Belajar Siswa di Sekolah, Yogyakarta: PT. Kanisius, 2014.
Hamalik, Oemar, Kurikkulum Dan Pembelajaran, cet. Ke 4, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hamdayama, Jumanta, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
H. Hasan, A.. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, 2022. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.
Ismunandar, A. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. 2020. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.
Ismunandar, A. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. 2022. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.
Ihsan, Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Jacobsen, David A. Paul Eggen. Donald Kauchak., Methods for Teaching (Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Karwono dan Heni Mularasih, Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar, Cipuput: Cerdas Jaya, 2010.
Muhibbin Syah, Psikologi pendidikan Dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosda Karya, Bandung.
Natawijaya, Rahman, Peran Guru. Dalam Bimbingan di Sekolah,. Bandung: CV. Abardin, 2006.
Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis Dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media.
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, penerbit PT bumi Aksara. 2009.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2005.
Silberman Mel, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Insan Madani, Yogyakarta, 2009.
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
-------, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Surakhmad, Winarno, Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Jemmars, 1980.
Tayar Yusuf, Ilmu Praktek Mengajar, PT. Alma’arif, Bandung, 1993.
Thohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Perdana Media, 2011.
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
Wina Sanjaya, metode Pembelajaran, Kencana, Jakarta, 2007.
W. J. S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2006.
Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Wuradji, The Educational Leadership (Kepemimpinan Transformasional), Yogyakarta: Gama Media, 2009.
Zakiah Daradjat, metodik khusus pengajaran agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Novtiana Devri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.