PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES TALISE

Authors

  • Deske Van Tarome Universitas Trinita
  • Windhy Chrysty Tulung Universitas Trinita
  • Gabriela Tesalonika Kaunang Universitas Trinita

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38665

Keywords:

Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPS siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan anggapan siswa bahwa pelajaran IPS hanya sebatas hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Talise Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian yaitu Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Talise yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Talise. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari 63 pada kondisi awal menjadi 70 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 35,71% pada kondisi awal menjadi 57,14% pada siklus I dan 85,71% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Talise Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran CTL sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

A.B. Susilo. 2012, Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Berfikir Kritis Siswa SM. dalam Journal of Primary

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah PendidikanMIPA, 7(3), 234–245.

Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Aris Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA

Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar di masa covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 794 – 805. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.454

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas bahan ajar tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap aktivitas belajar siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 345.

Hendra. 2021. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Subak Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas 4 SD. Tesis.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Istarani, 2019. 58 Model pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Johnson, Elaine B, Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan bermakna, Bandung: Mizan Learning Center, 2007.

Kusnandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kesiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Learning In Increasing Religious Cognitive Competence in Institutions Pesantren Modern Muadalah. At-Ta’dib, 15(1), 62–78. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v15i1.3628

Moh. Suardi, 2020. Model Pembelajaran Dan Displin Belajar Di Sekolah Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Invention: Journal Research and Education Studies, 5(5), 1–13. https://doi.org/10.51178/invention.v2i2.474

Nana Sudjana, 1998. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nurhadi. 2003. Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas. Sista, T. R., & Budiman, A. (2020). Effectiveness of Learning Models Contextual Teaching And Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Tarome, D. V. ., Tulung, W. C. ., & Kaunang, G. T. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES TALISE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17219–17227. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38665

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.