UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KE DEPAN MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA SMP SWASTA MADANI MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38661Keywords:
Hasil Belajar, Penemuan TerbimbingAbstract
Kemampuan passing dalam permainan sepakbola siswa Kelas VII SMP MADANI T.P. 2024/2025 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing dalam permainan sepakbola menggunakan variasi pembelajaran. Sepakbola dalam penelitian ini dibatasi pada teknik passing. Metode yang digunakan adalah `penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP MADANIdengan jumlah siswa 13 orang. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan datanya menggunakan instrumen penilaian ketepatan passing, lembar pengamatan (data observasi), hasil tes siswa dan angket (tanggapan siswa terhadap pembelajaran). Analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata ketepatan passing sebesar 69.72, siswa yang mendapat nilai di atas 70 (KKM) sebanyak 8 siswa atau hanya 61,53%. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketepatan passing sebesar 76.92, siswa yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 11 siswa atau sebesar 84,61%. Sehingga hal itu sudah memenuhi target, yaitu 75%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa Kelas VII SMP MADANI T.P 2024/2025.References
Abdul Kadir Ateng (1992).Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Adang Suherman (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Agus Kristianto,(2010). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bumi Aksara Jakarta
Arikunto, suharsimi. (2008 ). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Hamdani (2011). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit CV. Mustika Bandung.
Ibrahim. (1988). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Rineka.
J.J Hasibuan, & Nodjiono (1986). Strategi Belajar dan Taktik. P.T Pustaka Jaya.
Mucthar, Remy.(1992). Sepak Bola Pembinaan Pemain. Medan. IKIP.
Muhajir (2007). Pendidikan Jasmani Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Nadisah. (1992). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Nana Sudjana.(1999).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Robert Koger, (2007).Latihan Dasar Sepak Bola Remaja.Saka Mitra Kompetensi.
Rusli Lutan (2000). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Rusli Lutan (2000).Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Sarumpaet (1992). Permainan Besar. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sucipto (2000). Sepakbola, Jakarta.Departemen Pendidikan Nasional.
Suharja. Jaya, dan Maryani, Eli. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. SMA kelas XI. Penerbit Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional..
Supandi (1992). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. DEPDIKBUD. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imanuddin Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.