PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 08 PONTIANAK BARAT

Authors

  • Florentinie Crisik Ating Univeristas Tanjungpura
  • Agung Hartoyo Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38211

Keywords:

Peningkatan, Karakter Gotong Royong, PBL, IPAS

Abstract

Rendahnya karakter gotong royong di SD Negeri 08 Pontianak Barat dikarenakan peserta didik belum mencapai karakter baik dalam bergotong royong selama kegiatan kelompok dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter gotong royong peserta didik melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 08 Pontianak Barat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 08 Pontianak Barat yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian ini diketahui adanya peningkatan karakter gotong royong peserta didik melalui model Problem Based Learning, yaitu adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I masih 53% dan siklus II naik menjadi 84%. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan sebesar 31%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan karakter gotong royong peserta didik.

References

Anastasia, W. (2022). Nilai Gotong-Royong dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah. Mindset?: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 11-17.

Annisa, Purba, R., & Simanungkalit, A. (2024). Peningkatan Menulis Teks Prosedur Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 107405 Tembung Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4116–4122. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Asrian, & Gamaliel Septian Airlanda. (2023). Peningkatan Karakter Gotong Royong Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Pembelajaran IPAS SD. JANACITTA, 6(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2596

Asymad, F. A., Saleh, A. R., & Maswad. (2023). Peningkatan Keterampilan Kerja Sama Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning SMA Negeri 1 Pamboang. Jurnal Pemikiran & Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 98–2104.

Fahmi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).

Fajri, N., & Rivauzi, A. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS. JURNAL EDUSCIENCE, 9(1), 134–142. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2548

Fitri, A. N., Utomo, A. P., & Arabia, A. (2023). Implementasi PBL dalam Meningkatkan Karakter Gotong Royong dan Penguasaan Konsep Sistem Imunitas di SMAN 1 Rogojampi. Jurnal Biologi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1956

Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 539. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1862

Hidayah, N., Prastiwi, R., & Sriwijayanti. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran PBL Dalam Pembelajaran PKN Pada Kelas 2 SDN Sumendi 1 Kabupaten Probolinggo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4772–4788. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26598

Ita, Y., Aunurrahman, A., Muharini, R., Sulistyarini, S., & Hartoyo, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Penguatan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(3), 1451–1460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4995

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Moallem, M., Hung, W., & Dabbagh, N. (2019). The Wiley Handbook of Problem?Based Learning. In The Wiley Handbook of Problem?Based Learning. USA: John.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura?: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724

Salsabila, I., Novitasari, M., & Stiyani, D. F. M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VI SD Negeri Kleco 1 Surakarta. FONDATIA, 8(2), 381–394. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4766

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. In Penelitian Tindakan Kelas.

Utomo, P. E. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 95–102. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p095

Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79.

Downloads

Published

2024-11-24

How to Cite

Ating, F. C. ., & Hartoyo, A. . (2024). PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 08 PONTIANAK BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16761–16767. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38211

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.