PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA BOARD GAME “AYAK UGAN” PADA KELAS 8.1 DI SMP NEGERI 38 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28771Keywords:
Hasil belajar, Kooperatif Tipe TGT, Board Game,Ayakh UganAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 38 Palembang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Board Game Ayak Ugan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 38 Palembang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan bantuan Board Game Ayak Ugan dapat meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 38 Palembang. Peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan rata-rata nilai peserta didik dari 41 pada siklus I peningkatan dengan hasil rata rata 57,7 pada siklus II menjadi 79,3 pada siklus III. Selain itu,observasi menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif, dalam mengikuti pembelajaran. .References
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu
Bandura, A. (2021). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.
Hamalik, O. (2019). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2020). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer Singapore.
Rusman. (2020). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 123-135.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vygotsky, L. S. (2023). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press. Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Erlande, R., & Chotimah, U. (2023). The Effect of the Application of the Treffinger Model on Creative Thinking Ability in Pancasila and Civic Education Class VII SMPN 17 Palembang. In D. Iswandi, D. I. Muthaqin, Baeihaqi, P. Sopianingsih, N. M. Fatimah, S. Maesaroh, A. Fauzi, S. F. Zein, & D. I. Pradana (Eds.), Proceedings of the 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (Vol. 768, pp. 496–504). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-096-1_55
Jayani, N., Purnama, M., & Erlande, R. (2024). efektivitas canang-canang sebagai media informasi tradisional di era digitalisasi studi kasus desa muara batun kecamatan jejawi kabupaten OKI. 6.
Sari, N., Murdiono, M., Nurdiansyah, E., & Erlande, R. (2023). Using Quizziz Application as an Evaluation Media for Online Learning in Citizenship Education Courses. 15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M.Arief Al Hafiz, Alfiandra Alfiandra, Ervinna Hasdawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.