PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA BOARD GAME “AYAK UGAN” PADA KELAS 8.1 DI SMP NEGERI 38 PALEMBANG

Authors

  • M.Arief Al Hafiz Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Alfiandra Universitas Sriwijaya
  • Ervinna Hasdawaty Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28771

Keywords:

Hasil belajar, Kooperatif Tipe TGT, Board Game,Ayakh Ugan

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 38 Palembang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Board Game Ayak Ugan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 38 Palembang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan bantuan Board Game Ayak Ugan dapat meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 38 Palembang. Peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan rata-rata nilai peserta didik dari 41 pada siklus I peningkatan dengan hasil rata rata 57,7 pada siklus II  menjadi 79,3 pada siklus III. Selain itu,observasi menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif, dalam mengikuti pembelajaran. .

References

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu

Bandura, A. (2021). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.

Hamalik, O. (2019). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2020). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer Singapore.

Rusman. (2020). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 123-135.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (2023). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press. Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlande, R., & Chotimah, U. (2023). The Effect of the Application of the Treffinger Model on Creative Thinking Ability in Pancasila and Civic Education Class VII SMPN 17 Palembang. In D. Iswandi, D. I. Muthaqin, Baeihaqi, P. Sopianingsih, N. M. Fatimah, S. Maesaroh, A. Fauzi, S. F. Zein, & D. I. Pradana (Eds.), Proceedings of the 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (Vol. 768, pp. 496–504). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-096-1_55

Jayani, N., Purnama, M., & Erlande, R. (2024). efektivitas canang-canang sebagai media informasi tradisional di era digitalisasi studi kasus desa muara batun kecamatan jejawi kabupaten OKI. 6.

Sari, N., Murdiono, M., Nurdiansyah, E., & Erlande, R. (2023). Using Quizziz Application as an Evaluation Media for Online Learning in Citizenship Education Courses. 15.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hafiz, M. A., Alfiandra, A., & Hasdawaty, E. (2024). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA BOARD GAME “AYAK UGAN” PADA KELAS 8.1 DI SMP NEGERI 38 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9073–9078. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28771

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.