PENGARUH PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 68 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38136Keywords:
Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil BelajarAbstract
Pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar adalah untuk mendukung secara komprehensif proses belajar siswa. Selain itu, hal ini juga dapat mempermudah siswa dalam berinteraksi dengan guru dan teman-teman mereka. Pembelajaran bahasa Indonesia juga berpotensi meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah terdapat pengaruh metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 68 Palembang. Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis True Experimental Design yang memanfaatkan teknik Posttest-Only Control Group Design. Dari analisis data dan pembahasan yang dilakukan, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 68 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, terdapat perbedaan dalam hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang mendapatkan perlakuan dan yang tidak. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang mencapai 85,23, sementara nilai rata-rata kelas kontrol hanya 76,24. Untuk mengevaluasi perbandingan antara kedua kelas tersebut, dilakukan Uji T Independen dengan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang mana lebih kecil dari 0,05. Dengan t-hitung sebesar 6,215 dan t-tabel 2,086, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem solving terhadap hasil belajar.References
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6 (2), 55.
Fauhah, H. (2021). Analisis Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9 (2), 321-334.
Fauzan, & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaraan Abad 21. Jakarta: Kencana.
Firli, A., Rismayani, F., P.M.T. Sitorus, B. Manuel. 2017. Implementing Mixed Method Of Peer Teaching And problem solving On Undergraduate Students. Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 (1) pp. 1-5.
Gunarto. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press
Hendracipta, N. (2021). Model-model pembelajaraan SD. Bandung: Multi Kreasi Press.
Idawati, I. “Pengggunaan Contextual Teaching Andlearning (Ctl) Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa 67 Tunagrahita Slb Pgri Kawedanan Magetan.” Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya 3, No. 1 (2019): 20–31.
Isrok'atun, & Rosmala, A. (2019). Model-model Pembelajaraan bahasa indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Khotimah, L., Skripsi, “Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa Berkemampuan Tinggi dan Rendah Melalui Pembelajaran Kooperatif GI (Group Investigation) pada Tiga Pokok Bahasan Kelas XI IPA 2 SMAN 9 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008,http://one.Indoskripsi.com, diunduh tanggal 12 April 2010.
Komariah, K. (2011). Penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14
Marsigit. (2013). Metode Pembelajaran yang cocok untuk Kurikulum 2013. Diakses dari Metode Pembelajaran_yang_cocok_untuk Kurikulum_2013. Pada tanggal 22 Maret 2016. Jam 10.30 WIB.
Muplihah, V. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran problem solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. INTERMATHZO, 1(2), 16–17.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (6), 7911-7915.
Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Setiaji, C. A. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaraan Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudaryono. (2018). Metedologi Penelian . Depok: Pt Rajagrafindo Perseda.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Assesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendidikan Indonesia, 147-157.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rania Putri Lutfia Apriza, Hermansyah Hermansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.