TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA AI STUDI KASUS PENGGUNAAN CHATGPT DALAM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37553Keywords:
ChatGPT, Pembelajaran Daring, KeterampilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran daring terhadap keterampilan akademik dan sosial mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi di Universitas Islam Makassar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa terbantu dengan penggunaan ChatGPT dalam memahami materi, mencari referensi, dan menyelesaikan tugas akademik. Teknologi ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, ada kekhawatiran mengenai ketergantungan mahasiswa terhadap ChatGPT, yang dapat mengurangi kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka. Temuan ini juga mengungkapkan pentingnya pengawasan dosen untuk mengarahkan mahasiswa dalam menggunakan teknologi ini secara bijak dan menghindari potensi plagiarisme. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar institusi pendidikan mengembangkan pedoman yang jelas mengenai penggunaan ChatGPT, serta memberikan pelatihan yang mendorong mahasiswa untuk berpikir secara mandiri dan meningkatkan keterampilan akademik serta sosial mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif di era digital.References
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan Chatgpt Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5, 456–463. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i1.4779
Haque, M. U., Dharmadasa, I., Sworna, Z. T., Rajapakse, R., & Ahmad, H. (2022). “I Think This Is The Most Disruptive Technology”: Exploring Sentiments Of Chatgpt Early Adopters Using Twitter Data. Https://Doi.Org/10.48550/Arxiv.2212.05856
Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi Mahasiswa Ftik Iain Kerinci Terhadap Penggunaan Chatgpt Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. 13. Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Tp.V13i2.2653
Manu, G. A., Enstein, J., Fallo, D. Y. A., Benufinit, Y. A., Magdalena, M., Sogen, B., Juliani, K., & Neno, T. (2023). Pendidikan Dan Kecerdasan Buatan: Workshop Penerapan Chat Gpt Dan Text To Speech Prosa.Ai Untuk Meningkatkan Keterampilan Dosen Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pemimpin – Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3. Https://Cloudbox.Citrabangsa.Net/Index.Php/S/Pjah3mzxjtmadxj
Muñoz, S., Gayoso, G., Huambo, A., Domingo, R., Tapia, C., Incaluque, J., Nacional, U., Villarreal, F., Cielo, J., Cajamarca, R., Enrique, J., Reyes Acevedo, J., Victor, H., Huaranga Rivera, H., Luis, J., & Pongo, O. (2023). Examining The Impacts Of Chatgpt On Student Motivation And Engagement. Przestrze? Spo?eczna (Social Space), 23.
Nailus, S., & Hasanuddin, C. (2023). Implementasi Chatgpt Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Society 5.0.
Ruwaidah, Megawati, B., Ritonga, M., Aditiya, R., Habin, S. A., & Azhar, R. W. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Artificial Intelligence /Ai Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran. Journal Of Computer Science Community Service, 4. Https://Journal.Unilak.Ac.Id/Index.Php/Jcoscis/Article/View/19810/6564
Sufendi, S., & Kamal, R. (2023). Pentingnya Etika Pemanfaatan Chat Gpt Pada Penyusunan Karya Tulis Mahasiswa. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2728–2734. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V5i6.6013
Zen Munawar, Herru Soerjono, Novianti Indah Putri, Hernawati, & Andina Dwijayanti. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Chatgpt Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik, 10(1), 54–60. Https://Doi.Org/10.38204/Tematik.V10i1.1291
Zhai, X. (2023). Chatgpt User Experience: Implications For Education. Https://Orcid.Org/0000-0003-4519-1931
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indra Farman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.