ANALISIS PENGGUNAN CHATGPT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

Authors

  • Indra Farman Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29138

Keywords:

ChatGPT, Asisten Virtual,Motivasi

Abstract

Era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang Pendidikan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membuka berbagai kemungkinan baru untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran. Salah satu inovasi yang menonjol adalah penggunaan asisten virtual berbasis kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, Penentuan  subjek penelitian menggunakan purposive dan sumber data dipilih  adalah mahasiswa prodi teknologi informasi  dan Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT sebagai asisten virtual memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Aksesibilitas informasi yang cepat dan tepat, dukungan belajar yang personalisasi, peningkatan minat dan keterlibatan dalam belajar, serta pengembangan kemandirian belajar adalah beberapa manfaat utama yang dirasakan oleh mahasiswa. Penggunaan ChatGPT sebagai asisten virtual dalam pendidikan memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa

References

Kurnia Ramadhan, F., Irfan Faris, M., Wahyudi, I., & Kamayani Sulaeman, M. (2023). Pemanfaatan Chatgpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 1, 25–30.

Nufus, H. (2024). Vol. X No. 1 Februari 2024 Jurnal Teknik Informatika Stmik Antar Bangsa Pengaruh Penggunaan Chatgpt Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Stmik Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika Stimik Antar Bangsa, X, 28–31.

Nur Nindya Risnina, Septica Tiara Indah Permatasari, Aliyya Zahra Nurulhusna, Febina Mushen Anjelita, Cahya Wulaningtyas, & Nur Aini Rakhmawati. (2023). Pengaruh Chatgpt Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 119–132. Https://Doi.Org/10.55606/Jpbb.V2i4.2364

Rahman, S. (2021). Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Farman, I. . (2024). ANALISIS PENGGUNAN CHATGPT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6636–6639. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29138