EXPLORING THE POTENTIAL OF INTERACTIVE STORYTELLING IN E-LEARNING: ENHANCING STUDENT ENGAGEMENT AND LEARNING OUTCOMES
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22955Keywords:
Transformasi Digital, Menggali Potensi, Penceritaan Interaktif, Sistem Manajemen Pembelajaran, Prinsip-Prinsip Desain Instruksional,Abstract
Artikel ini mengusulkan penggunaan interactive storytelling dalam e-learning melalui Learning Management System (LMS) untuk memberikan hasil pembelajaran yang lebih menarik dan efektif bagi siswa sebagai bentuk dampak dari transformasi digitalisasi. Interactive storytelling dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, interaktif, dan menarik secara visual, yang dapat membantu siswa tetap tertarik dan termotivasi selama proses pembelajaran. Selain itu, cerita interaktif dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, mempersonalisasi pengalaman belajar untuk setiap siswa, dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Untuk mencapai hal ini, kami menetapkan prinsip-prinsip desain instruksional untuk merancang dan mengembangkan program mendongeng interaktif yang efektif yang terstruktur dengan baik dan selaras dengan tujuan pembelajaran. Penggunaan cerita interaktif dalam penyampaian konten di E-learning sangat direkomendasikan dan dinilai lebih menarik dan menarik. Dengan memanfaatkan hal ini, para pendidik dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi para siswa, yang mengarah pada peningkatan hasil belajar dan peningkatan keterlibatan siswa.References
A, H. A. H., & Bau, R. T. R. L. B. R. T. R. L. (2022). The Status Of E-Learning In The 4.0 Education Era (Descriptive Study Of Informatic Engineering Students: Journal Of Scientech Research And Development, 4(2), 411–418. Https://Doi.Org/10.56670/Jsrd.V4i2.99
A, H., & Bau, R. T. R. L. (2023). E-Learning Sebagai Komplemen Dalam Pembelajaran: Perwujudan Akselerasi Transformasi Digital Dalam Pendidikan. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21787/Jskp.2.2023.69-79
Andina, Y. (2019, December 17). Digital Storytelling, Cara Berbisnis Efektif Di Era Digital. Kreativv. Https://Kreativv.Com/Digital-Storytelling/
Çetin, E. (2021). Digital Storytelling In Teacher Education And Its Effect On The Digital Literacy Of Pre-Service Teachers. Thinking Skills And Creativity, 39, 100760. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tsc.2020.100760
Chafsoh, A. (2020). Munculnya Culture Shock Pada Mahasiswa Baru Dalam Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Https://Doi.Org/10.31234/Osf.Io/Tmpn6
Eroglu, A., & Okur, A. (2021). Students’ Opinions On The Use Of Digital Storytelling In Turkish Course. International Online Journal Of Education And Teaching, 8(4), 2248–2265.
Evendi, E. (2022). Evaluasi Keterlibatan Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Dalam Pengajaran Berbasis E-Learning Berbantuan Simulasi Phet Di Masa Transisi Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i1.379
Fambudianto, A. R., Amriza, R. N. S., & Kusuma, D. J. A. (2022). Peran Pembelajaran Daring, Komunikasi, Dan System E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Indonesian Journal Of Computer Science, 11(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33022/Ijcs.V11i2.3049
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.514
Gordon, C. (2011). Digital Storytelling In The Classroom: Three Case Studies. Arizona State University.
Hava, K. (2021). Exploring The Role Of Digital Storytelling In Student Motivation And Satisfaction In Efl Education. Computer Assisted Language Learning, 34(7), 958–978. Https://Doi.Org/10.1080/09588221.2019.1650071
Kim, D., Long, Y., Zhao, Y., Zhou, S., & Alexander, J. (2021). Teacher Professional Identity Development Through Digital Stories. Computers & Education, 162, 104040. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2020.104040
Martarini, N., Sastaparamitha, N., & Primandana, P. (2020). Digital Story Telling Project Berbantuan (Dstp) “Google Classroom” Dalam Pembelajaran Teks “Descriptive.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6, 671–679. Https://Doi.Org/10.30605/Onoma.V6i2.391
Miftah, M. (2015). Media Pembelajaran: Dari Konsepsi Ke Utilisasi Dan Permasalahannya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V3n2.P135--145
Moradi, H., & Chen, H. (2019). Digital Storytelling In Language Education. Behavioral Sciences, 9(12), Article 12. Https://Doi.Org/10.3390/Bs9120147
Nuroh, E. Z., Kusumawardana, M. D., & Destiana, E. (2022). Developing Digital Literacy Skill For Initial Teacher Education Through Digital Storytelling. Kne Social Sciences, 475–496. Https://Doi.Org/10.18502/Kss.V7i10.11250
Oletu, V. (2019, February 17). 5 Instructional Design Principles You Can’t Do Without. Elearning Industry. Https://Elearningindustry.Com/Instructional-Design-Principles-Without-5
Pamfilie, R., Onete, B., Maiorescu, I., & Ple?ea, D. (2012). E-Learning As An Alternative Solution For Sustainable Lifelong Education. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 46, 4026–4030. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2012.06.191
Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling In Early Childhood Education: Time To Go Digital. International Journal Of Child Care And Education Policy, 15(1), 4. Https://Doi.Org/10.1186/S40723-021-00081-X
Shenkoya, T., & Kim, E. (2023). Sustainability In Higher Education: Digital Transformation Of The Fourth Industrial Revolution And Its Impact On Open Knowledge. Sustainability, 15(3), 1–16.
Suartama, I. K. (2010). Pengembangan Mutimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.23887/Jppundiksha.V43i3.130
Sukirman, S. (2016, September 24). Digital Storytelling Interaktif Dan Menggembirakan Menggunakan Augmented Reality.
Susanti, V. A. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Storytelling Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Materi Geometri. Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/102749/Pengembangan-Video-Pembelajaran-Interaktif-Berbasis-Storytelling-Guna-Meningkatkan-Kemampuan-Literasi-Numerasi-Siswa-Pada-Materi-Geometri
Very, V. H. S., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemik Covid-19. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.35706/Sjme.V5i1.4514
Wakas, J. E., Manullang, J., & Wuwung, O. C. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dedicatio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1.
Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Dalam Perspektif Mahasiswa. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.30651/Else.V4i2.5340
Wiranto, A. (2022). Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Berorientasi Experiential Learning Materi Interaksi Sosial Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Singaraja [Undergraduate, Universitas Pendidikan Ganesha]. Https://Repo.Undiksha.Ac.Id/12586/
Yang, Y.-T. C., Chen, Y.-C., & Hung, H.-T. (2022). Digital Storytelling As An Interdisciplinary Project To Improve Students’ English Speaking And Creative Thinking. Computer Assisted Language Learning, 35(4), 840–862. Https://Doi.Org/10.1080/09588221.2020.1750431
Yansyah, Hamidah, J., & Ariani, L. (2023). Membangun Literasi Dwibahasa Melalui Big Book Storytelling Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Https://Obsesi.Or.Id/Index.Php/Obsesi/Article/View/3697/Pdf
Yigit, E. Ö. (2020). Digital Storytelling Experiences Of Social Studies Pre-Service Teachers. International Journal Of Technology In Education, 3(2), 70–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hermila A
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.