PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DALAM TEORI PENDIDIKAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN LEV VYGOTSKY

Authors

  • Bustomi Bustomi SMA Muhammadiyah 1 Palembang
  • Ismail Sukardi UIN Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37551

Keywords:

Konstruktivisme, Piaget, Vygotsky, Pendidikan Kognitif, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemikiran konstruktivisme dalam teori pendidikan kognitif menurut Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta penerapannya dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori konstruktivisme Piaget dan Vygotsky memiliki implikasi kuat dalam pembelajaran, terutama dalam mengembangkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Kesimpulannya, pendekatan konstruktivisme ini penting dalam membentuk model pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswa

References

Afryansyah, Ria Wahyuni, S., & Rukiyah, D. W. (2022). Pendekatan Konstruktivisme Guru dalam Penguatan Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 52--63.

Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Budiyanti, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Teori-Teori Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Bahasa Abad ke-21. Journal of Education Research, 4(4), 2471–2479.

Chi Hyun, C., Martinus Tukiran, Laksmi Mayesti Wijayanti, Masduki Asbari, Agus Purwanto, & Priyono Budi Santoso. (2020). Piaget versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan antara Persamaan dan Perbedaan. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 286–293. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2661032

D.A. Trisliatanto. (2020). Metodologi Penelitian.

Dinda Bariqul Zahfa, A. (2019). Pengaruh Muhadarah Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Logat, 7(1), 1–10.

Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2023). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. Tsaqofah, 4(2), 576–586. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2325

Handayani, M. D., & Sujatmiko, W. (2019). Filsafat Konstruktivisme Wadah Implementasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK, 106–111. http://hdl.handle.net/11617/11187

Hendrayanto, D. N. (2019). Implications of the Constructivism Philosophy Perspective in Mathematics Learning. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(1), 15. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48285

Husniyah, N. I. (2019). Aksiologis Pendidikan Islam (Perspektif Islam dan Barat). At-Tuhfah: Jurnal Keislaman, 8(1), 12–25.

Jusar, I. R., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Pendidikan dalam Teori Proses Sosialisasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 276–287. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4354

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634

Rahmat sinaga, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 7(1), 79–88. https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113

Silviana, N. (2018). Pengembangan Soft Skills melalui Pendidikan Islam. In Computers and Industrial Engineering (Vol. 2, Issue January).

Syar’i, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. In Filsafat Pendidikan Islam.

Tishana, A., Alvendri, D., Pratama, A. J., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2023). Filsafat Konstruktivisme dalam Mengembangkan Calon Pendidik pada Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 1855–1867. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.826

Umbara, U. (2017). Implikasi Teori Belajar Kontruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 32.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Bustomi, B., Sukardi, I. ., & Astuti, M. . (2024). PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DALAM TEORI PENDIDIKAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN LEV VYGOTSKY . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16376–16383. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37551