PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DALAM TEORI PENDIDIKAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN LEV VYGOTSKY
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37551Keywords:
Konstruktivisme, Piaget, Vygotsky, Pendidikan Kognitif, PembelajaranAbstract
Penelitian ini mengkaji pemikiran konstruktivisme dalam teori pendidikan kognitif menurut Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta penerapannya dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori konstruktivisme Piaget dan Vygotsky memiliki implikasi kuat dalam pembelajaran, terutama dalam mengembangkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Kesimpulannya, pendekatan konstruktivisme ini penting dalam membentuk model pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswaReferences
Afryansyah, Ria Wahyuni, S., & Rukiyah, D. W. (2022). Pendekatan Konstruktivisme Guru dalam Penguatan Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 52--63.
Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Budiyanti, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Teori-Teori Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Bahasa Abad ke-21. Journal of Education Research, 4(4), 2471–2479.
Chi Hyun, C., Martinus Tukiran, Laksmi Mayesti Wijayanti, Masduki Asbari, Agus Purwanto, & Priyono Budi Santoso. (2020). Piaget versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan antara Persamaan dan Perbedaan. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 286–293. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2661032
D.A. Trisliatanto. (2020). Metodologi Penelitian.
Dinda Bariqul Zahfa, A. (2019). Pengaruh Muhadarah Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Logat, 7(1), 1–10.
Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2023). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. Tsaqofah, 4(2), 576–586. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2325
Handayani, M. D., & Sujatmiko, W. (2019). Filsafat Konstruktivisme Wadah Implementasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK, 106–111. http://hdl.handle.net/11617/11187
Hendrayanto, D. N. (2019). Implications of the Constructivism Philosophy Perspective in Mathematics Learning. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(1), 15. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48285
Husniyah, N. I. (2019). Aksiologis Pendidikan Islam (Perspektif Islam dan Barat). At-Tuhfah: Jurnal Keislaman, 8(1), 12–25.
Jusar, I. R., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Pendidikan dalam Teori Proses Sosialisasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 276–287. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4354
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634
Rahmat sinaga, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 7(1), 79–88. https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113
Silviana, N. (2018). Pengembangan Soft Skills melalui Pendidikan Islam. In Computers and Industrial Engineering (Vol. 2, Issue January).
Syar’i, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. In Filsafat Pendidikan Islam.
Tishana, A., Alvendri, D., Pratama, A. J., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2023). Filsafat Konstruktivisme dalam Mengembangkan Calon Pendidik pada Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 1855–1867. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.826
Umbara, U. (2017). Implikasi Teori Belajar Kontruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bustomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.