DISKURSUS ALIRAN UTAMA FILSAFAT PENDIDIKAN: PERENIALISME, ESENSIALISME, PROGRESIVISME, DAN REKONSTRUKSIONISME

Authors

  • Hidayatullah Hidayatullah Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Qur'an Palembang
  • Ismail Sukardi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Andre Bahrudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Afryansyah Afryansyah Man Insan Cendekia Oki

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39018

Keywords:

Perenialisme, Esensialisme, Progresivisme, Rekonstruksionisme, Filsafat Pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aliran utama filsafat pendidikan, yaitu perenialisme, esensialisme, progresivisme, dan rekonstruksionisme, dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan berupa studi kualitatif dengan pendekatan literatur, mengkaji berbagai konsep dasar, sejarah, tokoh, serta implikasinya dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perenialisme menekankan nilai-nilai abadi untuk membentuk individu yang bermoral; esensialisme fokus pada nilai-nilai fundamental yang terbukti tahan lama; progresivisme menekankan fleksibilitas, relevansi pembelajaran dengan kebutuhan zaman, dan aktivitas belajar berbasis pemecahan masalah; sementara rekonstruksionisme berupaya membangun masyarakat baru yang lebih baik melalui pendidikan berbasis nilai-nilai universal. Keempat aliran ini memberikan landasan filosofis yang signifikan bagi pengembangan pendidikan yang lebih relevan dan dinamis.

References

A . Partanto, Pius and M. Dahlan Al Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer Surabaya: Arkola.Amsal Amri, 2009, Studi Filsafat Pendidikan, Banda Aceh: Pena,

Assegaf, Abd Rachman. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Afiyah, Istidamah Nailal, 2020, “Filsafat Perenialisme dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini” JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 3, No. 2, (September 2020) : 53 – 70.

Aji Nugroho, Listyanto. 2020. “Reconstructionism philosophy perspective in developing curriculum” Historica: Vol. 23 No. 1 (April 2020) : 119-130.

Aulia, T. Y. 2020. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Naveela Publishing.

Barnadib, Imam. 1994. Hand Out Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada

Charles B Schmith, dkk. 1996. Perenialisme Melacak Jejak Flsafat Abadi. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Djumransyah. 2006. Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.

Fadillah, M. 2017. “Aliran progresivisme dalam pendidikan di indonesi” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 1 (Januari 2017) : 17-24.

Fithriani, 2024. “Konsep dasar aliran fisafat prenialisme” Jurnal Mimbar Akademika Vol 9, No 1.

Gutek, Gerarld Lee. 1974. Philosophical Alternatives in Education. USA: Bell & Howell Company.

Hardanti, B. W. (2020). “Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.9, 9(2), 87–95.

Hartono, Budi “Lima Konsepsi Kurikulum dan Implementasinya dalam Rancangan Kurikulum” Jurnal E-jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Vol 1.

Harto, K., Astuti, M., Islam, U., Raden, N., & Sumatra, S. (2019). Diskursus Aliran Utama Filsafat Pendidikan?: As-Shuffah, 11(1), 18–30. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/As-

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (27th ed.). Alfabet.

Hidayat, Komaruddin dan Muhammad Wahyuni Nafis, 2003, Agama Masa Depan

Perspektif Filsafat Perenial, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jalaluddin dan Abdullah Idi. 2012. Filsafat Pendidikan; Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

______________________. 2013. Filsafat Pendidikan; Manusia, Filsafat dan Pendidikan, Cet.III, Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Kuswonjono, Arqom. 2006. Ketuhanan Dalam Telaah Filsafat Perenial Refleksi Pluralisme Agama Di Indonesia. Yogyakarta: BPFU.

Latif dkk, 2024. “ Konsep aliran filsafat utama Pendidikan (Perenialisme, Esensialisme, Progresivisme, dan Rekontrksionisme) dalam Pendidikan” Raudhah Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 9 Nomor 2 Edisi (Agustus 2024) : 382-395).

Ma & Rochman Assegaf, 2021. “Rekonstruksionalisme pendidikan formal sebagai agen utama dalam tatanan social” Maharot: Journal of Islamic Education Volume 5, No. 2, (Juli – Desember 2021) : 155-170.

Mubin, Ali, 2018. “Pengaruh Filsafat Rekonstruksionisme Terhadap Rumusan Konsep Pendidikan Serta Tinjauan Islam Terhadapnya” Rausyan Fikr. Vol. 14 No. (1 Maret 2018) : 69-78.

Muhmidayeli. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Pekanbaru: LSFK2P.

___________. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Najmudin dan Syarqawi, 2021. “Progresivisme (Konsepsi Tentang Realita dan Pengetahuan)” Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, Volume 13, Nomor 2,( Juni 2021).

Puspika Sari, Hernila, 2020. “Rekontruksionisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal” Al Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol.19, No.1, (Januari-Juni 2020) : 129-143.

Rukiyati, P. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press

Muhmidayeli, 2011. Filsafat Pendidikan, Bandung: Refika Aditama.

Muttaqin, Ali. 2016. “Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman 1(1) 2016: 67–92.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Nursaim, Eko, 2021, “Aliran Perenialisme dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam” Cross-Border: Journal of International Border Studies, Diplomacy, and International Relations 4 No. 2 (Juli-Desember 2021) : 673- 684.

Nuryamin. 2019. “Implementasi Filsafat Perenial Dalam Pembelajaran.” Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah 5(1): 49–61.

Purnamasari, Iin, 2015. “Rekontruksionisme-futurustik dalam Pendidikan di Indonesia” Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume V, No 2, (Juli 2015) : 832-842.

Qomariyah, Nurul. “Pendidikan Islam Dan Aliran Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17, no. 2 (2017).

Rahmayana, Jeeny. “Filsafat Rekontruksionisme Dalam Pendidikan Islam Studi Atas Pemikiran Muhammad Iqbal”. Jurnnal Tamaddun Ummmah Vol 1 No 1. (1 Oktober 2015).

Sadulloh, Uyoh . 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

_____________. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Raja Lottung, “Teori Belajar Perenialisme,” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 2 (October 15, 2016): 83-172.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (27th ed.). Alfabet

Thaib, Muhammad Ichsan. 2015. “Essensialisme dalam perspektif filsafat pendidikan islam” Jurnal Mudarrisuna Volume 4, Nomor 732 2, (Juli-Desember 2015) : 731-762.

Widiyanto, Asfa. 2016. “The Reception of Seyyed Hossein Nasr’s Ideas within the Indonesian Intellectual Landscape.” Studia Islamika 23(2): 193–236.

Zuhairini, 2001, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Hidayatullah, H., Sukardi, I. ., Astuti, M. ., Bahrudin, A. ., & Afryansyah, A. (2024). DISKURSUS ALIRAN UTAMA FILSAFAT PENDIDIKAN: PERENIALISME, ESENSIALISME, PROGRESIVISME, DAN REKONSTRUKSIONISME . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17510–17521. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39018

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.