KERAGAMAN DAN INKLUSI DALAM KAMPANYE KOMUNIKASI KONTEN HABIB JAFAR

Authors

  • Roosita Cindrakasih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Riastri Novianita Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Jurnaidi Wahidin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Abdul Aziz Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jaka Atmaja Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37110

Keywords:

Milenial, Moderasi Beragama, Pemanfaatan Media Sosial, Strategi Dakwah Kontemporer, Teknik Komunikasi.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi dakwah kontemporer yang dilakukan oleh Habib Husein Ja'far al-Hadar, khususnya dalam memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan ajaran Islam kepada generasi milenial di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Habib Jafar menghadapi keberagaman agama dan mempromosikan moderasi beragama melalui pendekatan komunikasi modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi pustaka, di mana data diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan konten digital. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai strategi komunikasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habib Jafar berhasil memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, dengan pendekatan yang relevan dan komunikatif bagi kaum muda. Gaya komunikasi yang humoris, bahasa sederhana, dan penggunaan visual menarik terbukti efektif dalam menyampaikan pesan keagamaan, menciptakan interaksi positif, dan memperkuat moderasi beragama. Penelitian ini juga mengungkap tantangan yang dihadapi, seperti kritik dan potensi efek bumerang, yang menunjukkan pentingnya strategi komunikasi kontekstual. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya diskusi tentang moderasi beragama, dan secara praktis, memberikan referensi bagi penyebaran dakwah yang inklusif dan relevan di era digital

References

Afnidar, S. S. P. Y., & Mulyana, D. (2022). Pengaruh Konten Media Sosial Instagram terhadap Gaya Komunikasi. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2), 281–285. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3143

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman indonesia religious moderation in Indonesia’s diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Al Fiqri, H. (2024). Sejarah dan Strategi Dakwah Masa Islamisasi Nusantara Serta Perkembangannya. TARIKHUNA: JURNAL SEJARAH PERADABAN ISLAM, 4(01), 71–89.

Anggini, M. D., & KN, J. (2023). Fenomena Cyber Religion sebagai Ekspresi Keberagamaan oleh Habib Jafar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2 SE-Articles of Research), 4140–4149. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6795

Apple Podcasts Preview. (2021). Habib Husein Ja’far: Saleh Akal dan Sosial, Bukan Hanya Ritual. Podcasts.Apple.Com. https://podcasts.apple.com/hu/podcast/habib-husein-jafar-lebih-percaya-teknologi-atau-spiritualitas/id1526683358?i=1000540605123

Baidowi, A., Salehudin, A., Mustaqim, A., Qudsy, S. Z., & Hak, N. (2021). Erratum: Theology of health of Quranic pesantren in the time of COVID-19. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4).

Barnsley, J., & Ellis, D. (1992). Research For Change Participatory Action. Research For Community Groups. Canada: The Woman’s Research.

Efendi, E. (2021). Strategi Media Dakwah Kontemporer. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah Dan Manajemen, 9(2), 22–27.

Effendy, E., Fauzan Al Anshori, M., Surya, M., & Siregar, A. (2023). Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Dakwah Pemuda Milenial (Analisis Konten Dakwah Youtube “Pemuda Tersesat” Habib Ja’far Coki Pardede Dan Tretan Muslim). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3 SE-Articles of Research), 21858–21869. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9983

Fadila, S. A. B., Nasichah, M. H. Z., & Mawaddah, N. N. N. (2024). Boomerang Effect Dalam Toleransi Pada Akun Instagram Habib Jafar (@ husein_hadar). HUMANITIS: Jurnal Homaniora, Sosial Dan Bisnis, 2(8), 893–900.

Fajrussalam, H., Nursyahbani, A., Khoirunnisa, A., Nurbaiti, N., & Ningrum, N. C. (2023). Konten Dakwah Habib Ja’far Al-Haddar di Media Sosial Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6039

Faldiansyah, I., & Musa, M. (2020). Dakwah Media Sosial: Alternatif Dakwah Kontemporer. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 15(2), 36–58.

Fiardhi, M. H. (2021). Peran Dakwahtainment Akun Channel Youtube Jeda Nulis Terhadap Pemuda Tersesat Oleh Habib Husein Ja’far. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i2.12891

Firmansyah, M., & Nasvian, M. F. (2022). Dakwah “Pemuda Tersesat: Gaya Bahasa Dakwah Habib Ja’far Al Hadar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1525–1533. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.599

Hopipah, N., & Muary, R. (2024). The Influence of Habib Jafar’s Personal Branding on Social Media (Instagram) on Social Religious Behavior. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES), 8(3), 573–577. https://doi.org/10.33751/jhss.v8i3.10330

Husna, N. (2023). Login di Close The Door: Dakwah Digital Habib Ja’far Pada Generasi Z. Jurnal Selasar KPI: Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.33507/selasar.v3i1.1159

Iskandar, A., & Habibi, M. (2023). Gaya Komunikasi Dakwah Habib Jafar Di Media Sosial (Studi Akun Instagram@ husein_hadar). Jurnal Kemuhammadiyahan Dan Integrasi Ilmu, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.24853/jkii.1.1.33-37

Lestari, P., & Inayah, J. (2024). Trend of the term" LOG IN" Religious Moderation Education Style among Gen Z:(Content Study Analysis of the Youtube Platform Habib Husein Ja’far Al-Hadar). Proceedings of Annual International Conference On Religious Moderation, 1(1), 147–156.

Lutfiah, N. (2023). Analisis Retorika Dakwah Dalam Konten “Berbeda Tapi Bersama With Habib Jafar” Pada Aplikasi Noice. UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Muchtar, K., Rustandi, R., & Gunawan, A. (2023). Communication of da’wah diversity in digital screens on the Leonardo’s Youtube channel. Jurnal Kajian Komunikasi, 11(2), 215–231. https://doi.org/10.24198/jkk.v11i2.48114

Musdalifah, I., Andriyani, H. T., Krisdiantoro, K., Putra, A. P., Aziz, M. A., & Huda, S. (2021). Moderasi Beragama Berbasis Sosio Kultural pada Generasi Milenial Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Sosial Budaya, 18(2), 122–129. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/sb.v18i2.15437

Novianto, B. (2022). Moderasi Islam di Indonesia. An-Natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 2(1), 50–60.

Pahlevi, R. (2023). Strategi Dakwah Digital Habib Husein Ja’far Al-Hadar. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.47233/jishs.v1i2.680

Parhan, M., Jenuri, J., & Islamy, M. R. F. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 59–80. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887

Putra, F. A. (2023). Peran Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Dalam Internalisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda Untuk Mencegah Disintegrasi Bangsa Di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. IPDN.

Putri, A. K. (2023). Representasi Media Dakwah Modern: Studi Kasus Pada Platform Twitter. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(6), 1857–1868. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i6.1011

Rofiah, C. (2022). Analisis Data Kualitatif: Manual Atau Dengan Aplikasi? Develop, 6(1), 33–46.

Sary, B. M., Nuraziimah, M. F., & Walijah, N. (2021). Analysis of Habib Husein Ja’far" Jeda Nulis" Podcast as a Medium of Dakwah Against Young Generation on Era 4.0. Proceeding of International Conference on Islamic Education, 1–13. https://doi.org/10.51425/icie.vi.26

Siregar, Z. S., & Abdullah, A. (2023). The Influence Of Hussein Ja’far’s Preaching Through Tiktok In Motivating Adolescents In The East Kisaran Sub-District. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES), 7(1), 390–393. https://doi.org/10.33751/jhss.v7i1.8920

Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D (Catatan Ke). Yogyakarta.

Sya’bani, M. H., Razzaq, A., & Hamandia, M. R. (2024). Analisis Pesan Dakwah pada Media Sosial Podcast Login Habib Ja’far dan Onad. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(3), 15. https://doi.org/10.47134/pssh.v1i3.170

Zaini, A., & Rahmawati, D. (2021). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(1), 162. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v8i1.11238

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Cindrakasih, R. ., Novianita, R. ., Wahidin, A. J. ., Aziz, A. ., & Atmaja, J. . (2024). KERAGAMAN DAN INKLUSI DALAM KAMPANYE KOMUNIKASI KONTEN HABIB JAFAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16074–16081. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37110