KOMUNIKASI DALAM MASYARAKAT KONSUMTIF DAN PRODUKTIF (ANALISIS DAN IMPLIKASI)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42620Keywords:
efendicity@gmail.comAbstract
Komunikasi memiliki peran penting dalam membentuk perilaku masyarakat, baik dalam konteks konsumtif maupun produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pola komunikasi konsumtif yang dipengaruhi oleh media sosial dengan komunikasi produktif yang berfokus pada kolaborasi dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR), yang mencakup identifikasi, evaluasi, dan interpretasi studi terkait.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi konsumtif, yang didominasi oleh promosi visual dan emosional melalui media sosial, mendorong perilaku pembelian impulsif dan mengurangi pemikiran kritis terhadap pengeluaran ekonomi. Sebaliknya, komunikasi produktif menawarkan potensi besar untuk meningkatkan sinergi dan produktivitas kelompok, meskipun masih menghadapi hambatan seperti keterbatasan keterbukaan, perbedaan sosial, dan hambatan teknis.Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti pentingnya literasi komunikasi untuk menyeimbangkan pengaruh konsumtivisme dan memaksimalkan manfaat komunikasi produktif dalam masyarakat. Rekomendasi praktis mencakup penggunaan media sosial yang bertanggung jawab, pengembangan pelatihan komunikasi interpersonal, dan penguatan literasi digital. Temuan ini diharapkan dapat mendukung transformasi sosial menuju masyarakat yang lebih produktif dan berkelanjutan.References
Al-Refaei, Abd Al Aziz, Hairuddin Bin Mohd Ali, Ali Ahmed Ateeq, and Mohammed Alzoraiki. “An Integrated Mediating and Moderating Model to Improve Service Quality through Job Involvement, Job Satisfaction, and Organizational Commitment.” Sustainability (Switzerland) 15, no. 10 (2023). https://doi.org/10.3390/su15107978.
Apriyanti, Herfira, and Riyanto Riyanto. “Komunikasi Downward Dalam Peningkatan Produktivitas PT. Sasa Inti.” InterKomunika 03, no. 01 (2018): 80–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33376/ik.v3i1.46.
Cahyantoro, Herlangga Turna. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Proses Digital Marketing Untuk Peningkatan Nilai Jual Di UMKM Kerajinan Bambu.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera 02, no. 03 (2023): 102–11. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i3.240.
Fauziyah, Arinal, Syamsir, Meliza Aulia Putri, M Ferdian Abduravi, Willy Oktaviani, and Yarsi Dafrianita. “Analisis Perubahan Perilaku Belanja Generasi Di Era Digital Melalui Pendekatan Antropologi Sosial.” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 4, no. 6 (2023): 1–12.
Fiqar, Tegar Palyus, Ariyadi, Aditya Putra Pratama, Gusti Ahmad Fanshuri, Soleh Ardiansyah, Lovinta Happy Atrinawati, Sri Rahayu Natasia, Vinda Daningrum, Yuyun Tri Wiranti, and M. Ihsan Alfani Putera. “Pelatihan Peningkatan Produktivitas Pelaku Industri Rumahan Melalui Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Balikpapan.” Jurnal Pengabdian … 05, no. 02 (2020): 423–42. https://doi.org/10.30653/002.202052.283 Pelatihan.
Harahap, Dedy Ansari, and Dita Amanah. “Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa 19, no. 01 (2022): 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719.
Hilmi, Muhammad Irfan. “Pengaruh Kualitas Komunikasi Interpersonal, Motivasi Berprestasi Dan Kreativitas Terhadap Perilaku Produktif Anggota (Penelitian Pada Kelompok Swadaya Badan Keswadayaan Masyarakat Program PNPM Mandiri Perkotaan Di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung).” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 12, no. 02 (2016): 1–13. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/3082.
Junaidi, Junaidi, and Lidia Waningsih Zaluhku. “Peran Komunikasi Antar Pribadi Pimpinan Dan Bawahan Dalam Peningkatan Produktivitas Kerja Selama Pandemi.” Jurnal Network Media 04, no. 02 (2021): 66–83. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1406.
Kaluku, Khartini, Ervan, Dhiny Easter Yant, Anas Rahmad Hidayat, Harpeni Siswatibudi, Dina Dwi Nuryani, Antonius Rino Vanchapo, Sri Sayekti Heni Sunaryanti, and Ernawa. Perilaku Organisasi Dalam Bidang Kesehatan. Cendikia Mulia Mandiri, 2023. https://books.google.co.id/books?id=83_XEAAAQBAJ.
Kausar, Muhammad. “Komunikasi Baitul Mal Aceh Dalam Proses Pengawasan Program Zakat Produktif.” UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2019. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7236/.
Kurniawan, Chandra. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 13, no. 04 (2017): 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709.
Levy, Mark R, and Sven Windahl. “Audience Activity and Gratifications.” Communication Research 11, no. 1 (2023): 51–78. https://doi.org/10.1177/009365084011001003.
Mastarida, Friska. “Dampak Penggunaan Sosial Media Terhadap Kinerja Bisnis.” Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3, no. 3 (2022): 468–73. https://doi.org/https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1188.
Nainggolan, Nana Triapnita, Arin Tentrem Mawati, Dyah Gandasari, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Bonaraja Purba, Iskandar Kato Marto Silalahi, Sukarman Purba, et al. Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi Dan Etika. Edited by Abdul Karim. Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis, 2021. https://www.researchgate.net/profile/Iskandar-Kahar-Kato/publication/350955168_Komunikasi_Organisasi_Teori_Inovasi_dan_Etika/links/607bd00f907dcf667ba84c80/Komunikasi-Organisasi-Teori-Inovasi-dan-Etika.pdf.
Sinuraya, Laura Junita, Syahrina Effendi, Nany Haryani Harahap, Mery Chistina Batubara, and Muhammad Mahiddin. “Pengaruh Komunikasi, Pengawasan Dan Disiplin Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Rantau Prapat.” JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis) 6, no. 2 (2021): 212–21. https://doi.org/10.30743/jrmb.v6i2.4658.
Sundari, Sri, Verry Albert Jekson Mardame Silalahi, and Rahel Sintadevi Siahaan. “Komunikasi Interpersonal Dalam Membangun Harmoni Dan Produktivitas Di Tempat Kerja.” Jurnal Cakrawala Akademika (JCA) 01, no. 03 (2024): 419–38. https://doi.org/https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.29.
Surachman, Akhmad Yani. SKOM4435 – Komunikasi Internasional (Edisi 3). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2019. https://pustaka.ut.ac.id/lib/skom4435-komunikasi-internasional-edisi-3/.
Syahputra, Ramadoni, and Indah Soesanti. “Upaya Peningkatan Produktivitas Dan Pemasaran UKM Batik Dengan Penerapan Green Technology.” Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 2022, 395–400. https://doi.org/10.18196/ppm.41.799.
Tajuddien, Rahadyan, and Alvin Praditya. “Pengaruh Sosial Media Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Online Marketplace.” Jurnal Arastirma 2, no. 2 (2022): 180–90. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23169.
Tauhid, Karimah, Citra Awalia Rahmawati, Nina Rosiana, Universitas Djuanda, and Universitas Djuanda. “Peran Komunikasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Kelompok Mahasiswa.” Karimah Tauhid 03, no. 07 (2024): 7955–7964. https://doi.org/. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14295.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Efendi Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.