PENGARUH PENGGUNAAN FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 2 SMA DI BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27725Keywords:
Flashcard, Kosa-KataAbstract
Kemampuan berbahasa Inggris seseorangan dapat dilihat dari seberapa banyak kosakata yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini menjadi salah satu kendala bagi setiap orang terutama untuk para siswa terkhusus dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Sehingga salah satu upaya kreatif yaitu dengan menggunakan media flash cards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media flashcard mempengaruhi pengetahuan kosakata peserta didik pada tingkat SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI dan subjek dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 15 siswa dengan eksperimental group dari kelas "A" dan 16 siswa dengan kontrol group dari kelas "B". Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa siswa menjadi sangat antusias belajar kosa kata. Dengan menggunakan flash cards maka dapat memungkinkan siswa belajar sambil bermain sehingga ini dapat meningkatkan minat mereka dalam belajar kosakata. Disamping itu juga penggunakan flash cards sebagai media pembelajaran dapat menjadikan siswa lebih berani dan percaya diri untuk tampil dihadapan orang lain didepan kelas.References
Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran & Pengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education.
Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. 2018. Research methods for the behavioral sciences (Sixth Edit). Cengage Learning, Inc.
Joklova, K. 2009. Using Pictures In Teaching Vocabulary. Bachelor’s thesis. Masaryk University Faculty Of Education. Departement Of English Languange And Literature.
Nugroho, Y.S., Nurkamto, J., & Sulistyowati, H. 2012. Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Flash Cards. English Education Journal.
Palupi, Dyah, Djaelani and Haryono. 2014. Mengembangkan Kemampuan Membaca Dengan Media Flash Card Pada Anak Di TK A 03 Suruh Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Schmitt, N. 1997. Vocabulary Description, Acguisition & Pedagogy. Cambridge: Cambridge University Press.
Shadish, Cook & Campbell. 2002. Experimental & Quasi Experimental Design for Generalized Causal Inference. USA: Houghton Mifflin Company.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & R&D). Alfabeta CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Memy Wardani ElthiaAbdul Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.