ANALISIS MOTIVASI DALAM MEMAINKAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA SD KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44818Keywords:
Motivasi, Permainan Tradisional.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa UPT SPFSDN UJUNG TANAH Kota Makassar dalam memainkan permainan tradisional. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Metode dalam penelitian menggunakan survei dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpuln data. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa angket yang dapat mengukur tingkat motivasi siswa, Angket dalam penelitian ini menggunakan skala Likert yang merupakan jenis skala untuk mengukur variabel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada siswa memiliki motivasi yang sangat tinggi, 10 siswa (33%) masuk kategori tinggi, 13 peserta didik (44%) masuk kategori sedang, 4 siswa (13%) masuk kategori rendah, dan 3 siswa (10%) masuk dalam kategori sangat rendah terhadap olahraga tradisional Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa UPT SPFSDN UJUNG TANAH Kota Makassar berada pada kategori sedang.References
Angga, S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2).
Achroni. (2012). Mengomptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Javalitera
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Penerbit Rineka Cipta. Jakarta
Asy’ari, M., Ekayati, I. N., & Matulessy, A. (2014). Konsep Diri, Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar Siswa. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.372
Azizah, M. I. (2016). Ilza Ma’azi Azizah. Efektivitas Pembeljaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Notivasi Dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas IV MIN N.
Budiarti, E. (n.d.). Permainan Tradisional Berbasis Steam. 1–11.
Fajrin, R., & Ana, R. (2022). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar DI SDN BAJANG 01 KABUPATEN BLITAR Pendahuluan Motivasi belajar didefinisikan. VI(1), 40–51.
Indriastuti, A. N., & Abidin, Z. (2021). Pengaruh Permainan Uno Stacko dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 324–334. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1862
Nofianti, R. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi untuk Mengembangkat Teori Burner (Classroom Action Research di PAUD Ummul Habibah Kelambir V …. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5651–5655. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3989
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Paramitha & Anggara. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612
Putu, L., Adi, A., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2022). Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 96–102.
Prameswari & Anggraini. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN Lidah Kulon IV. Jurnal PGSD : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 75–86.
Perdani, P. A. (2014). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 129–136.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Suminah, Gunawan, & M. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221–230.
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suriah Hanafi, Ikadarny Ikadarny, Silatul Rahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.