ANALISIS MOTIVASI DALAM MEMAINKAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA SD KOTA MAKASSAR

Authors

  • Suriah Hanafi Universitas Negeri Makassar
  • Ikadarny Ikadarny Universitas Negeri Makassar
  • Silatul Rahmi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44818

Keywords:

Motivasi, Permainan Tradisional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa UPT SPFSDN UJUNG TANAH Kota Makassar dalam memainkan permainan tradisional. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Metode dalam penelitian menggunakan survei dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpuln data. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa angket yang dapat mengukur tingkat motivasi siswa, Angket dalam penelitian ini menggunakan skala Likert yang merupakan jenis skala untuk mengukur variabel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada siswa memiliki motivasi yang sangat tinggi, 10 siswa (33%) masuk kategori tinggi, 13 peserta didik (44%) masuk kategori sedang, 4 siswa (13%) masuk kategori rendah, dan 3 siswa (10%) masuk dalam kategori sangat rendah terhadap olahraga tradisional Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa UPT SPFSDN UJUNG TANAH Kota Makassar berada pada kategori sedang.

References

Angga, S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2).

Achroni. (2012). Mengomptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Javalitera

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Asy’ari, M., Ekayati, I. N., & Matulessy, A. (2014). Konsep Diri, Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar Siswa. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.372

Azizah, M. I. (2016). Ilza Ma’azi Azizah. Efektivitas Pembeljaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Notivasi Dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas IV MIN N.

Budiarti, E. (n.d.). Permainan Tradisional Berbasis Steam. 1–11.

Fajrin, R., & Ana, R. (2022). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar DI SDN BAJANG 01 KABUPATEN BLITAR Pendahuluan Motivasi belajar didefinisikan. VI(1), 40–51.

Indriastuti, A. N., & Abidin, Z. (2021). Pengaruh Permainan Uno Stacko dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 324–334. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1862

Nofianti, R. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi untuk Mengembangkat Teori Burner (Classroom Action Research di PAUD Ummul Habibah Kelambir V …. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5651–5655. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3989

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Paramitha & Anggara. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612

Putu, L., Adi, A., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2022). Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 96–102.

Prameswari & Anggraini. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN Lidah Kulon IV. Jurnal PGSD : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 75–86.

Perdani, P. A. (2014). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 129–136.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Suminah, Gunawan, & M. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221–230.

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Hanafi, S., Ikadarny, I., & Rahmi, S. (2025). ANALISIS MOTIVASI DALAM MEMAINKAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA SD KOTA MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4474–4479. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44818

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)