STRATEGI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMASARAN

Authors

  • Ika Febriana Universitas Negeri Medan
  • Enzelika Rosari Putri Hutasoit Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Umair Yazid Universitas Negeri Medan
  • Siti Fauziah Universitas Negeri Medan
  • Siti Sahira Universitas Negeri Medan
  • Suastiana Anja Kelauri Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36988

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Bahasa Indonesia, Strategi Pemasaran, Persepsi Konsumen.

Abstract

Penggunaan bahasa yang efektif dalam komunikasi bisnis, baik  online maupun offline, berperan penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penggunaan bahasa Indonesia agar lebih mudah diakses dan menarik konsumen serta mengetahui dampaknya terhadap persepsi konsumen terhadap produk dan merek. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi peran berbagai media dan saluran pemasaran seperti media sosial, televisi, dan iklan cetak dalam meningkatkan efektivitas  pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis tematik. Data dikumpulkan dari sumber sekunder seperti buku, majalah, artikel, dan berita terkait. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia yang jelas dan relevan  meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat citra merek, dan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui saluran pemasaran yang tepat.

References

Andriyani, Amalya Diva, Dinny Talita Sari, Endang Sholihatin, Panji Tetuko Haryadhi, Winda Amalia Sari, and Huda Ernando Novanto. “Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Pemasaran Jasa PT Go-Jek Indonesia.” Jurnalistrendi?: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan 8, no. 2 (2023): 356–67. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v8i2.1546.

Bagus Wicaksono, Syamroxy Reza, Mochammad Shadam Alquranta, Bintang Adrian Maulana, and Endang Sholihatin. “Pemilihan Bahasa Pada Iklan Sirup Marjan Dan Dampaknya Pada Kesadaran Merek Serta Persepsi Konsumen Di Surabaya.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 11028–41. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11442.

Fadhilah, Annisa Nur, Nur Fajriyah Alfinatun Nikmah, Arista Salsabila Hermanto, Amalia Balqis, Tsamarah Adilah Re Falda, and Dewi Puspa Arum. “Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Pemasaran Digital E-Commerce?: Studi Kasus Iklan Shopee.” Jurnal Bahasa Daerah Indonesia 1, no. 2 (2024): 14. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2355.

Febriani, B, N Leily, and E Fitria. “Peran Bahasa Dalam Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022): 11933–38. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4340%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4340/3630.

Fitriyani, Wulan, Bella Putri Julianti, Arya Nur Indra K.H, Susanti Ratna Sari, Muhamma D, Rizky Febrian, and Eni Nurhayati. “PENGGUNAAN BAHASA DALAM PROMOSI BISNIS DI MEDIA SOSIAL: MENINGKATKAN PENJUALAN YANG MENGUNTUNGKAN.” Jurnall Inovasi Pendidikan 6, no. 1 (2024): 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285.

Lupitasari, Eva, Chris Louis Budiarto, Novem Puri Ramadhani, Desy Nirmala Sari, and Dewi Puspa Arum. “Strategi Toko Online Pada Platform Shopee Dalam Menarik Minat Konsumen Melalui Penggunaan Kalimat Persuasif.” Jurnal Bahasa Daerah Indonesia 1, no. 2 (2024): 12. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2343.

Ningsi, Sulastri, Muhammad Kasoni, and Diah Ayu Rahmah. “Pengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia Terhadap Pemasaran Produk Kopi Durian Ananda.” ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting 3, no. 2 (2022): 440–46. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i2.545.

Prasetya, Dewangga Jana, Dimas Ilham Saputra, Aditya Rafiqul Choiri, Lazuardi Ghaly Devalea, Maria Sherena Agustine, and Natalia Desy Anggraini. “Pengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Terhadap Kinerja Pemasaran Dalam Media Sosial Instagram, Tiktok, Dan Facebook.” Jurnal Bahasa Daerah Indonesia 1, no. 3 (2024): 10. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2682.

Ramin, Moh. “Pentingnya Komunikasi Publik Dalam Pemasaran Produk.” Toplama 1, no. 1 (2023): 32–36. https://doi.org/10.61397/tla.v1i1.31.

Yanuar, Ivo Dinasta. “Penggunaan Bahasa Inggris Dalam Penamaan Produk Kuliner: Analisis Persepsi Konsumen Indonesia.” Journal of Sharia Tourism and Hospitality 1, no. 2 (2023): 170–79. https://doi.org/10.24235/jetour.v1i2.29.

Yudistira, Mochammad Yuda. “Efektifitas Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Media Promosi.” Metonimia?: Jurnal Sastra Dan Pendidikan Kesusastraan 1, no. 3 (2023): 120–25. https://doi.org/10.56854/jspk.v1i3.99.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Febriana, I. ., Hutasoit , E. R. P. ., Yazid, M. U. ., Fauziah, S. ., Sahira, S. ., & Kelauri, S. A. . (2024). STRATEGI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMASARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15938–15944. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36988

Most read articles by the same author(s)