PENURUNAN BUDAYA LITERASI DAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI PADA GENERASI Z

Authors

  • Aam Amalyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Firman Aziz Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rezha Ilma H Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ryan Ferdiana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40843

Keywords:

Bahasa Indonesia, Gen Z, Literasi Membaca

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi membuat Gen Z yang lahir pada rentang tahun 1997-2012 hidup berdampingan dengan teknologi, sehingga rentan menurunnya kebudayaan literasi dan minat baca serta penggunaan bahasa Indonesia yang terkontaminasi bahasa asing atau bahasa gaul. Banyak Gen Z yang kurang menerima informasi karena rendahnya minat baca, menyebabkan mudahnya terserang informasi atau berita hoax. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat literasi membaca  dengan cara mengembangkan media baca, dan menjaga bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah kebahasaan agar tidak termakan oleh bahasa asing dan bahasa yang tidak baku pada Gen Z namun penggunaannya harus tetap memperhatikan tempat misal ketika di tempat formal menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai kaidah kebahasaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan G-Form dan ditujukan pada partisipan yang diamati pada penelitian ini yaitu Gen Z. Pendekatan kuantitatif dipilih karena partisipan yang menjadi sasaran dalam penelitian sudah pandai mengakses teknologi dengan baik yang membuat Gen Z mudah memberikan respon sehingga mempermudah jalannya penelitian. 

References

Anggraini, S. (2016) Budaya Literasi dalam Komunikasi. Jurnal WACANA, XV (3), 181-279.

Assapari M. M., Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional dan Perkembangannya di Era Globalisasi. Jurnal PRASI, 9(8), 29-37.

Belvar, A. N., Lestari, A. V., Diba, F. F., Fitriyah, M. (2024) Problematika Keterampilan Membaca pada Generasi Z, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 195-204. https://doi.org/10.62017/arima

Kemendikbud, 2019 Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar [ONLINE] diakses di kemendikbud.co.id pada Oktober 2024. https://repositori.kemdikbud.go.id/17586/1/Panduan%20GLS%20SD_Edisi%202.pdf

Kristanti, A. A. (2019). Program Madrasah Membaca Sebagai Salah Satu Penanggulangan Tragedi Literasi Pada Generasi Z. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 2(2), 1-15. https://jurnalpasca.uinkhas.ac.id/index.php/IJIT/article/view/607

Kemdikbud, 2019 UUD 1945 Perubahan, UUD bab XV pasal 36 [ONLINE] diakses di kemendikbud.co.id pada 22 September 2024.

Muryani, A., Mubaroq, A. K., Agustiningrum, M. (2022). Dampak Belajar Dari Rumah (BDR) pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak Usia Dini.Jurnal Sentra Cendekia, 3 (1) 1-8. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc

Nazilatul, M. (2022) Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-hari. Kommunikologi : Jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 19 (2). 102-107.

Puspitasari, A. (2017) Menumbuhkan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Tamaddun : Jurnal bahasa, sastra dan budaya, 16 (2), 81-87.

Rafitri, S., Ramadhanti, D., Helda, T., (2024) Analisis Faktor-Faktor Penurunan Literasi Membaca Siswa SMK NEGERI 1 Hiliran Gumanti. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 13014-13023.

Rohman, M. T., Arsanti, M., Hasanudin, C. (2023) Penggunaan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kalangan Generasi Z. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, Bojonegoro : IKIP PGRI Bojonegoro, 160-167.

Saputra, A. M. A., Huriati, N., Lahiya, A., Bahansubu, A., Rofi’i, A., & Taupiq, T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Siswa. Journal On Education, 6(1), 1102–1110.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Suyoto. 2010. Galakkan Baca Buku untuk Kemajuan Bangsa [ONLINE] diakses di Media Indonesia pada Oktober 2024 https://mediaindonesia.com/

Tompkins, Gail E. dan Kenneth, H. (1991). Language Arts: Content and Teaching Strategis. NewYork: MaxWell Mac Millan International Publishing Group

Utami, L. D. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Rangking 62 Dari 70 Negara.[ONLINE] diakses di perpustakaan kemendagri pada Oktober 2024 https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661

Wiratami, N. L., Widiastuti, N. K. C., Elysiana, N. P. D., Pengaruh Literasi Digital pada Generasi Z terhadap Peningkatan Budaya Literasi untuk Melahirkan Generasi Penerus Bangsa yang Berkualitas di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Bali : Universitas Triatma Mulya, 411.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Amalyah, A., Aziz, F., H, R. I., & Ferdiana, R. (2024). PENURUNAN BUDAYA LITERASI DAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI PADA GENERASI Z . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18766–18772. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40843