ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI LINGKUNGAN KAMPUS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ( PGSD )
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42959Keywords:
Berbahasa Indonesia, Pelajar/Mahasiswa, KampusAbstract
Riset ini berlandaskan oleh masih minimnya pengaplikasian bahasa Indonesia yang tepat dan benar di ranah edukasi, terutama di Program Jurusan Pendidik Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan pada jenjang 4 tahun 2025. Hasil pengamatan memperlihatkan bahwa kecakapan peserta didik dalam berinteraksi memakai bahasa Indonesia secara resmi di kawasan akademik masih lemah, di mana banyak di antara mereka lebih dominan menggunakan dialek lokal dalam percakapan harian. Kajian ini bermaksud untuk mengoptimalkan pemakaian bahasa Indonesia yang sesuai dan benar di area intelektual, terutama di kalangan pelajar PGSD tingkat 4. Pemanfaatan bahasa Indonesia yang efisien dalam perbincangan ilmiah menjadi unsur krusial bagi mahasiswa dalam menunjang pemahaman substansi dan keterampilan komunikasi profesional. Namun, berbagai hambatan masih dijumpai, seperti keterbatasan kecakapan berbahasa, efek tren penggunaan ujaran asing, serta kurangnya atmosfer yang menunjang praktik berbahasa Indonesia secara resmi. Oleh karena itu, eksplorasi ini berfokus pada penentuan kendala serta usaha yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan penggunaan bahasa Indonesia dalam interaksi keilmuan di perguruan tinggiReferences
Trisna, G. Monika, K. (2024). Representasi Keterampilan Berkolaborasi Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(2), 750-758.
Khoirina, H., Norlita, D., Nageta, P.,dkk. (2023). Penerapan Penggunaan Bahasa Indonesia Di Sekolah Dapat Mempengaruhi Nilai Bahasa Indonesia Kelas 2. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora. 2(1), 220-228.
Effiyadi. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia di Lingkungan Kampus. IAIS Sambas. 5(2), 139-142.
Iksan, B., Donalisa., Kuntarto, E., Akil, M., Noviyanti, S., Dwisa,S., Pareza, W. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Di Lingkungan Pendidikan. Khususnya Di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd).
Surip, M., Pakpahan, E., dkk. (2024). Peran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner. 8(4), 378-384.
Barus, A., Pasaribu, A, T., Tansliova, S. (2024). Tantangan dan Solusi Penggunaan Bahasa Indonesia yang Efektif Dalam Diskusi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Mahasiswa Milenial. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris. 2(2), 162-171.
Hakim, A., Yani, N, A., Nurlatifah, Y., Kembara, M. (2023). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Lingkungan Kampus sebagai Identitas Nasional terhadap Persatuan. Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa. 2(2), 232-242.
Maryono. (2017). Atmosfer Sekolah Dasar dan Implikasinya Bagi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 17(1), 103-113.
Pujiastuti, A, U. (2019). Kemampuan Menyusun Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. DIDAKTIKA. 26(1), 40- 48.
Sagita, R., Hamzah, R, A. (2024). Tantangan Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika : Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. 6(1), 29-35.
Damariswa, R., (2022). Analisis Kemampuan Membaca Mahasiswa PGSD dalam Pramenulis Artikel Ilmiah Mata Kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan. SEMDIKJAR. 1005-1017.
Mumpuni, A., Nurbaeti, R, U. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. 3(2), 123-132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Enni Daulay, Ika Febriana, Afni Tarigan, Adelia Siregar, Eprimsa Sembiring, Hotmauli Damanik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.