PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF

Authors

  • Sydna Rizki Ghaliza Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lutfi Syauki Faznur Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34846

Keywords:

Kemampuan Menulis Teks Deskripsi, Media Virtual Reality.

Abstract

Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, dengan salah satu bentuk keterampilan menulis adalah menulis teks deskripsi. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks deskripsi, sehingga penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang menggunakan media virtual reality (VR) dan yang tidak. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized pretest-posttest control group design. Uji normalitas pada keterampilan analisis unsur kebahasaan deskripsi menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai signifikan 0,175, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai signifikan 0,200; keduanya lebih besar dari 0,05, menandakan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas varians menghasilkan p-value 0,052 > 0,05, yang berarti varians populasi kedua kelompok sama atau homogen. Hasil penelitian di SMP Islam Al-Azhar 25 Tangerang Selatan menunjukkan bahwa penggunaan model project-based learning berbasis virtual reality memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII. Dengan demikian, metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam materi teks deskripsi.

References

Ayukanti, Sefta. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Min 9 Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Azhar, Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Bakry, M. S., & Alsamadani, H. A. 2015. Improving the Persuasive Essay Writing of Students of Arabic as a Foreign Language (AFL): Effects of Self-Regulated Strategy Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 89–97.

Dalman, 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ekasari, Dian. 2020. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negri 1 Sindue Melalui Metode Maind Mapping. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 5 Nomor 3 Halaman 17-23.

Eni, Imawati. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajaranya.

Erni, Muniarti. 2017. Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. Universitas Kristen Indonesia.

Hariyanto, W. d. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasan, A. H & Haerulloh. 2017. Model dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: CV. Lintas Nalar.

Heru, Kurniawan. 2021. Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian :Deepublish.

Juvira, Lusita. 2019. Struktur Dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Smp Negeri 30 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 8 No. 1

Kamelia, Lia. 2015. Perkembangangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktiv Pada Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Istek Vol.9 No.1.

Masrukhatin, Nur Aini. 2020. Studi Komparatif Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Jigsaw Terhadap Kemampuan Kolaborasi Kerja Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTSN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

Munawarah, 2020. Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitab) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi:Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab. Vol.1 no.2.

N.R Raajan. et al. 2014. A Review on: Augmented Reality Technologies, System and Applications. Jurnal Asian Network for Scientific Information. 14(14). Hlm. 1485-1486.

Nadya, Nyawu Lulu. 2015. Memaknai Struktur dan Unsur Berita Kriminal. Jurnal Didascein Bahasa.

Nova, Mevi Maria dan Sumadi. 2017. Karakteristik Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, Volume 1 Nomor 2 Halaman 1-7

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press. Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Rasyid. Isran Karo-Karo. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. axiom : Jurnal Pendidikan & Matematika Vol. 7 No.1.

Ridwan, Abdullah Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Rostina, Sundayana. 2018. Statistik Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Shilphy A. Octavia, 2020. Model-Model Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama, 12.

Sihite, B., Samopa, F., & Sani, N. A., 2013, Pembuatan Apliaksi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit), Jurnal Teknik Pomits, No.2, Vol.2.

Stanislaus Hermadityo. 2018. Teks Deskriptif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Talizaro Tafonao. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2, no. 2 hal. 103–114.

Tanggoro, Urip. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Dialektika Journal. Vol. 3 No.1.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thuan, Herman To Saurik. 2019. Teknologi Virtual Reality Untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIK). Vol.6 No. 1.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Ghaliza, S. R. ., & Faznur, L. S. . (2024). PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13677–13688. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34846