UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASIC LEARNING DENGAN PENDEKATAN TARL PADA MURID KELAS V SD NEGERI PAO-PAO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34769Keywords:
Pendekatan Tarl Dan Model Pembelajaran Problem Based LearningAbstract
Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam PTK terdapat 2 siklus di setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah kelas V berjumlah 28 peserta didik, objek penelitian mata pelajaran bahasa Indonesia yang melalui pendekatan TaRL dan model pembelajaran problem based learning, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian rataan 22 peserta didik yang mengerjakan tugas atau lembar kerja peserta didik yang diberikan oleh guru dengan angka perserntasenya mencapai 78,57%, pada siklus I dan untuk siklus II kegiatan pembelajaran, untuk peserta didik yang mengerjakan tugas atau lembar kerja peserta didik yang diberikan oleh guru dengan rata-rata 26,27 dengan angka perserntasenya mencapai 95,54%, maka dapat disimpulakn nilai KKM peserta didik kelas V SD Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa mencapai 80. Maka nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 67,68 di siklus 1 dan meningkat menjadi 85.00 siklus II, dengan nilai tertinggi 85 siklus I dan nilai tertinggi 100 siklus II, sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model penerapan model TaRL pembelajaran PBL meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa.References
Arikunto, Suharsimi, 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gea, A. P., Hulu, A. W. E., Harefa, N. A. J., & Hulu, R. N. W. (2024). Penguatan Pendidikan Moral Berbasis Karakter. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4929-4936.
Hamdan, 2009 Pengembangan dan Pembinanaan Kurikulum. Teori dan Praktek Kurikulum PAI. Banjarmasin:
Laia, B., Laia, R. D., Zai, E. P., Zagoto, I., Zega, U., Harefa, D., & Ndruru, K. (2021). Sosialiasi Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan I Tahun Ajaran 2020/2021. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15-20.
Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220-233.
Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Ningrum, S., Indiati, I., & Nugroho, A. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8460-8464.
Nurhayati, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Handayani, S., & Indrati, J. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar melalui Pendekatan TARL. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 4(1), 140-149.
Oktafiana, N., Rasidi, R., Wardana, A. E., & Isnuryani, N. (2024). Penerapan Metode Fun Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jawa Peserta didik Kelas V SD Negeri Percobaan 2 Depok. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 342-349.
Pratiwi, D. A., Ami, E., & Anwar, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Menengah. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 31-47
Safitri, R., Hadi, S., & Widiasih, W. (2023). The Effect of the Problem Based Learning Model on the Students Motivation and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7310-7316.
Sriyati, S., & Si, M. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Pustaka Book.
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riska. M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.