PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN HAPPY NOTES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36008Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS, Media Happy NotesAbstract
Peneliatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VB SDN Pao-Pao pada pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggrat yang memuat empat tahapan, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan sebanyak satu kali tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SDN Pao-Pao sebanyak 27 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan pada tahun ajaran 2024/2025. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam penelitian teknik yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran Happy Notes pada mata pelajaran IPAS. Pada siklus I diperoleh sebesar 73,33% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82% dengan jumlah peningkatan 83,33%. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan kelas yang mengalami peningkatan pada setiap pelaksanaan siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Happy Notes dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas VB SDN Pao-Pao.References
Anwar. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kajuara Kabupaten Bone. Universitas Negeri Makassar.
Astriani, S. A. (2018). Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Nurul Jadid, 1–13.
Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Arti Bumi Intaran (Anggota IKPI).
Hasanah, M. (2022). Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin. Universitas Islam Negeri Antasari.
Magdalena, I., Ayuni, F. Q., Selvia, N., Fitriani, R. M., & Alexandra, V. A. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD N Bojong 3 Tangerang.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti, S. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 593–600.
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256.
Timu, A., Wangge, Y. S., & Mbabho, F. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA di SDK Ende 3. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 30–37.
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109.
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Samsidar S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.