IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 BENGKULU SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49355Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Implementasi, Nilai-Nilai Karakter, Pendekatan Kualitatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, semangat kebangsaan, demokratis, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, dan menghargai prestasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari dua guru Bahasa Indonesia, satu wakil kepala sekolah, dan tiga siswa dari jenjang kelas VII, VIII, dan IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai karakter dilakukan secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Guru menggunakan modul ajar yang memuat nilai-nilai karakter, menerapkannya dalam proses belajar mengajar dari awal hingga penutup, serta melakukan penilaian yang mencakup aspek sikap dan perilaku siswa. Faktor pendukung keberhasilan implementasi meliputi komitmen guru, budaya sekolah, serta dukungan lingkungan. Sementara itu, hambatan utama berasal dari kurangnya kesadaran siswa dan pengaruh teknologi. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan karakter secara berkelanjutan.References
A.S. Patimah, Syafrudin Raharjo, K. K. (2024). International Journal of Education Humanities and Social Science. International Journal of Education Humanities and Social Science, 7(02), 10–23. Retrieved from http://ijehss.com/
Afiyah, Z. S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kedisiplinan Bagi Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Strategi Pemasaran Pendidikan, Vol.01,No., 1–7.
Ahmadi Muhammad Zul, Haris Hasnawi, & Akbal Muhammad. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 306.
Amalia, N., & Arifin, M. (2021). Desain Bahan Ajar Keterampilan Menyimak Bipa “Aku Suka Indonesia.” Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 265–271. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4677
Anh, N. T. T., & Huy, N. X. (2022). Developing Emotional Intelligence for Education Innovation in Schools. VNU Journal of Science: Education Research, 39(1), 11–21. https://doi.org/10.25073/2588-1159/vnuer.4659
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 333. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688
Bararah, I. (2024). Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Unggul Di Era Modern. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 5(1), 214. https://doi.org/10.29103/jspm.v5i1.16046
Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.
Documentation 8. (n.d.), 165–187. https://doi.org/10.1007/978-3-031-43363-4
Dragomir, I. A., & Niculescu, B.-O. (2020). Different Approaches to Developing Writing Skills. Land Forces Academy Review, 25(3), 201–206. https://doi.org/10.2478/raft-2020-0024
Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa, 5, 9390–9394.
Farakhan, A., Hidayat, N., & Alvianto, A. (2023). Indonesian Language Learning to Strengthen the Character of Students of the Philosophy Creed Study Program UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5527–5538. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7348
Gautam, P. (2019). Writing Skill: An Instructional Overview. Journal of NELTA Gandaki, 2, 74–90. https://doi.org/10.3126/jong.v2i0.26605
Harianto, E. (2020a). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Harianto, E. (2020b). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Hermawati, K. A. (2021). Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 56–72. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159
Imam Gunawan, S.Pd., M. P. (n.d.). metode penelitian kualitatif. (Suryani, Ed.). jakarta timur: PT Bumi Aksara Jl. sAWO rAYA nO. 18, Rawamangun.
Inderasari, E., Giyoto, G., & Santoso, R. B. (2023). Strengthening National Character through Learning Indonesian as a Compulsory Subject in Higher Education. International Journal of English Literature and Social Sciences, 8(3), 205–213. https://doi.org/10.22161/ijels.83.33
Jafarudin, J., & Sisi, L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Model Menulis Kolaborasi Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1247
Khumairoh, A. (2022). The Importance of Inculcating Character Education in Facing the Era of Globalization in the 21st Century Generation. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 27–37. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.41787
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. Retrieved from www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Kurniati, W. (2021). Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, 7(1), 1–10.
Kurniawan, B. P., Nuswantari, N., & ... (2022). Pengaruh sekolah dalam membangun karakter demokratis siswa kelas XI SMAN 1 Karangjati tahun ajaran 2021-2022 Kabupaten Ngawi. Seminar Nasional …, 10, 379–389. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2722
M. Arif Pratama Manurung, Aswaruddin Aswaruddin, Laudy Livianti, Cendani Alfanizha Hidma, Nur Siti Maysarah, & Indah Wahyuni. (2024). Pentingnya Evaluasi Penilaian Kinerja. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 77–84. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1235
Massitoh, Euis., I. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 330–333.
Matza, L. S., Stewart, K. D., Naegeli, A. N., Mills, K. M., Coyne, K. S., Chew, K. W., … Smith, D. M. (2023). Qualitative interviews to evaluate content validity of the ACTIV-2 COVID-19 Symptom Diary (ACSD). Journal of Patient-Reported Outcomes, 7(1). https://doi.org/10.1186/s41687-022-00535-x
Muassomah, Abdullah, I., Istiadah, Mujahidin, A., Masnawi, N., & Sohrah. (2020). Believe in Literature: Character Education for Indonesia’s Youth. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2223–2231. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080605
Muhammad Sulhan. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena Journal, 9(1), 159–172. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450
Mulyadi, Y., & Wikanengsih, W. (2022). Implementasi Keterampilan Berbahasa Memirsa Dalam Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototipe Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Pada Program Sekolah Penggerak. Semantik, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p47-60
Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2099–2107. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675
Nurul, S., Dan, I., & Cendikia, I. (2018). Vol 1 No 2. Sukkur IBA Journal of Emerging Technologies, 1(2), 12–22. https://doi.org/10.30537/sjet.v1i2
Pradana, D. A., Mahfud, M., Hermawan, C., & Susanti, H. D. (2021). Nasionalism: Character Education Orientation in Learning Development. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 4026–4034. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1501
Pulatova, D., & Mustafayeva, N. (2023). Specific features of techniques and strategies in the development of reading skills in English. Зарубежная Лингвистика И Лингводидактика, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.47689/2181-3701-vol1-iss2-pp38-45
Purwadi, A. J., Yulistio, D., Studi, P., Bahasa, P., Bengkulu, U., Supratman, J. W. R., … Bengkulu, K. (2020). Abstrak IMPROVING SPEAKING SKILLS USING STORYTELLING AND SPEECH TECHNIQUES FOR STUDENTS OF THE INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM , FKIP BENGKULU UNIVERSITY A . Pendahuluan Keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersif, 202–223.
Rahman, U., & Afiif, A. (2024). Teori Humanistik (Carl Rogers Dan Abraham Maslow), 1–23.
Rofi’ie, A. H. (2019). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. … : Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. Retrieved from https://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/view/49%0Ahttps://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/download/49/50
Röhrig, B., Du Prel, J. B., Wachtlin, D., & Blettner, M. (2009). Studientypen in der medizinischen forschung - Teil 3 der serie zur bewertung wissenschaftlicher publikationen. Deutsches Arzteblatt, 106(15), 262–268. https://doi.org/10.3238/arztebl.2009.0262
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Santoso, T., Sujianto, Afianto, D., Saputro, D., Sabardila, A., Fauziati, E., & Markhamah. (2020). Character education values in revised edition of the Indonesian language learning curriculum for year 10. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 417–424. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080212
Sd, K., & Lubuk, N. (2023). 810-Article Text-3228-1-10-20230521 (1), 09, 1140–1150.
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Smp, D. I., & Mojokerto, N. (2021). Melalui Kegiatan Muralisasi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Smp Negeri 4 Mojokerto Tahun 2021.
Sri Anitah W. (2019). Strategi Pembelajaran. Modul Strategi Pembelajaran PKN, 1, 13.
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111
Vezzani, G., Tirumala, D., Wulfmeier, M., Rao, D., Abdolmaleki, A., Moran, B., … Riedmiller, M. (2022). SkillS: Adaptive Skill Sequencing for Efficient Temporally-Extended Exploration, 1–26. Retrieved from http://arxiv.org/abs/2211.13743
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pili Angga Putra, Man Hakim, Yanti Paulina, Elyusra Elyusra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




