PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ

Authors

  • Trisman Harefa IKIP Gunungsitoli

Keywords:

Menyimpulkan Teks Berita, Model Pembelajaran Team Quiz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri Gunungsitoli Utara yang berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz, kemampuan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri Gunungsitoli Utara dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dapat meningkat. Pada siklus I rata-rata 57,89 nilai terendah 31,5 dan nilai tertinggi 75, pada siklus rata-rata 87,5, terendah 75, dan tinggi 87,5. Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 60,30%, dan siklus II sebesar 80,09%. Sedangkan observasi peneliti dari siklus I sebesar 60,30% dan siklus II sebesar 93,63%. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur teks berita siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2021/2022 dan memotivasi siswa mengidentifikasi teks berita .

References

Dalman (2013). Keterampilan Membaca. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan 21 (1), 51-63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020

Harefa, T. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 658-664. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2125

Istarani (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada, Medan

Kunandar (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 12 (1), 12-25.

Nurhadi (2015). Teknik Membaca. Bumi Aksara Malang.

Rina Novalinda, Oskah Dakhi, Melda Fajra, Azmil Azman, Mardhiah Masril, Ambiyar,Unung Verawadina (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974 -7980. DOI: 10.13189/ujer.2020.082585.

Sudjana, Nana (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, Henry Guntur (2008). Menyimak. Angkasa Bandung.

Tulsahidah, Rohima (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kongnitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Makanan dan Minuman Hal dan Haram. Vol. 3 No. 1. 2018.

Timor, A. R., Ambiyar, A., Dakhi, O., Verawardina, U., & Zagoto, M. M. (2020). Effectiveness of problem-based model learning on learning outcomes and student learning motivation in basic electronic subjects. International journal of multi science, 1(10), 1-8

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zebua, Y., Zagoto, M., & Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 872-881. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2659

Downloads

Published

2022-01-05