ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “PADA SENJA YANG MEMBAWAMU PERGI†KARYA BOY CANDRA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.2148Keywords:
Analisis, Nilai-Nilai Moral, Novel, Pada Senja Yang Membawamu Pergi, Karya Boy CandraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, dan memaparkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel “Pada Senja yang Membawamu Pergi†karya Boy Candra. Nilai-nilai pendidikan tersebut diantaranya, nilai pendidikan budi pekerti, kecerdasan, sosial, kewarganegaraan, estetika, jasmani dan kesejahteraan keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Subjek penelitian ini adalah satu buah novel “Pada Senja yang Membawamu Pergi†karya Boy Candra. Objek dari penelitian ini adalah isi cerita yang memuat nilai-nilai pendidikan. Data dikumpulkan dengan cara membaca dan memahami isi novel, selanjutnya mengumpulkan dan mengelompokkan serta mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan yang tersirat di dalam novel “Pada Senja Yang Membuat Pergi†karya Boy Candra. Sedangkan instrumen dari penelitian ini adalah penelitian sendiri. Untuk melengkapi referensi yang berhubungan dengan penelitian ini maka peneliti, melakukan penelitian di Perpustakaan IKIP Gunungsitoli sebagai lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa di dalam novel “Pada Senja yang Membawamu Pergi†karya Boy Candra terkandung nilai pendidikan budi pekerti, kecerdasan, sosial, kewarganegaraan, estetika, jasmani dan kesejahteraan keluarga yang secara tidak langsung dapat memberikan suatu pembelajaran, didikan, teladan dan sifat-sifat baik yang dapat mempengaruhi kehidupan dan karakter siswa di sekolah sehingga dapat bermoral baik.References
Al-Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi.Surakarta: Djiwa Amarta.
Anwar, Muhammad. (2017). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Candra, Boy. (2016). Pada Senja yang Membawamu Pergi. Jakarta: GagasMedia.
Elneri, Nindy, dkk. (2018). “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwiâ€. Jurnal Puitika, No. 1/Vol. 14/April 2018.
Kosasih, E. (2004). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Maunah, Binti. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Nurgiyantoro, Burhan. (2017). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Octaviana, Dwi Warry, dkk. (2018). “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra†Jurnal Kata, No. 2/Vol. 2/Oktober 2018.
Subur. (2015). Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhita, Sri dan Rahmah Purwahida. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suradi, L. (2019). “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan Hukum dalam Mewujudkan Warga Negara yang Cerdas dan Baik (Smart And Good Citizenâ€. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya, No. 2/Vol. XIV/Oktober 2019.
Su’dadah, Hj. 2014. “Pendidikan Budi Pekerti (Integrasi Nilai Moral Agama dengan Pendidikan Budi Pekertiâ€. Jurnal Kependidikan, No. 1/Vol. II/1 Mei 2014.
Suryaman, Maman, dkk. (2018). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syahrin, Alfi, dkk. (2017). “Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Karakter Siswa pada MTs Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, No. 2/Vol. 3/Mei 2017.
Syarifudin, Muhamad dan Nursalim. (2019). Strategi Mengajar Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, No. 2/Vol. 5/November 2019.
Syahrul, Ninawati. (2017). “Sastra Remaja (Teenlit) sebagai Media Alternatif dalam Meningkatkan Budaya Literasi†Jurnal Parafrase, No. 02/Vol. 17/Oktober 2017.
Yenhariza, Devi, dkk. (2012). “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Eliana Karya Tere Liyeâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, No. 1/Vol. 1/September 2012.
Zakiyah, Qiqi Yuliati dan H.A. Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.