Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Teks Persuasi Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan

Authors

  • Trisman Harefa IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.2149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan Teks Persuasi melalui model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaanya terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. Peneliti menggunakan beberapa instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes essay, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata ada peningkatan kemampuan siswa dalam menggunakan model pembelajaran Example Non Example terhadap menyimpulkan teks persuasi. Pada Siklus I pertemuan I hasil observasi siswa yang aktif 39.16% dan yang tidak aktif 60.83%. Hasil observasi yang sudah dilakukan peneliti 58.82% dan yang belum dilakukan peneliti 41.17%. Pada siklus I pertemuan II hasil observasi siswa yang aktif 49.16% dan yang tidak aktif 50.83%. Hasil observasi yang sudah dilakukan peneliti 64.70% dan yang belum dilakukan peneliti 35.29%. Pada Siklus II pertemuan I hasil observasi siswa yang aktif 75% dan yang kurang tidak 25%. Hasil observasi yang sudah dilakukan peneliti 82.35% dan yang belum dilakukan peneliti 17.64%. Pada siklus II pertemuan II hasil observasi siswa yang aktif 90.83% dan yang tidak aktif 9.16%. Hasil observasi yang sudah dilakukan peneliti 100% dan yang belum dilakukan peneliti 0%.

Author Biography

Trisman Harefa, IKIP Gunungsitoli

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Gunungsitoli

References

Arikunto, S, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 54-64.

Harefa, T. (2019a). Penerapan Model Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Hal-Hal Penting Dalam Wawancara Oleh Siswa Sekolah Menengah Pertama. RPP, 2(1), 192-202. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.634

Harefa, T. (2019b). Penggunaan metode pembelajaran concept mapping terhadap keterampilan menulis slogan. RPP, 2(2), 333-345. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.634

Huda, M. (2015). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johan, A.B. dan Fendi L. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example non Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98-106.

Pranoto, H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Mata Pelajaran IPA Siswa SD Kelas VI-B Semester 1 SD Negeri Turitempel Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 42-51.

Tarigan. (2005). Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Harefa, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Teks Persuasi Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Selatan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 493–499. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.2149