STUDI ANALISIS TERHADAP PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Hilmi Hilmi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Desi Khairunnidaq UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Hurrya Ulfa Dalila UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32299

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Problematika Pembelajaran, Problematika Linguistic

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab adalah kegiatan yang dirancang untuk menumbuhkan, mendorong, membimbing dan mengembangkan kemampuan peserta didik terkait penguasaan bahasa Arab. Persoalan-persoalan yang kemudian muncul disaat proses pembelajaran berlangsung akan mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan riset pustaka (library research) yang membatasi kegiatannya hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Sumber-sumber bacaan dapat berbentuk buku-buku teks, kamus, ensiklopedia, journal ilmiah dan hasil-hasil penelitianSehingga mengharuskan guru agar dapat menganalisa problema yang tejadi sehingga dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Problematika pembelajaran bahasa Arab dapat muncul dari dalam materi bahasa Arab itu sendiri (problematika linguistik) dan di luar materi bahasa (non linguistic) atau yang muncul di kalangan pengajar (guru) dan peserta didik.

References

Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aziz Fahrurrozi dan Erta Mahyudin. 2010. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing.

KBBI. “Pembelajaran”. kbbi.web.id diakses pada 10/3/2024

Muhammad 'Ali al-Khu liê. 1989. Asalib Tadris al-Lughah al-Arabiyyah. Riyadh: Maktabah al-Farazdaq.

Musthafa al-Ghalayaini. 2003. Jami' al-Durûsal-Arabiyyah. Beirut: al-Maktabah al- 'Ashriyyah.

Nana Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohmalina Wahab. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Rusydi Ahmad Thu'aimah. 1989. Ta'lim al-Arabiyah li Ghair-al-Nathiqîna biha: Manahijuha wa asalibuhá. Rabath: Isesco.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Syukra Vadhillah, dkk. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Batu Mandi Tilatang Kamang, Arabia:2016 (Vol.8:No.1), h.47-69

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Hilmi, H., Khairunnidaq, D. ., & Dalila, H. U. . (2024). STUDI ANALISIS TERHADAP PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11157–11163. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32299