INTEGRASI BUDAYA ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: MANFAAT DAN TANTANGANNYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36714Keywords:
Budaya Arab. Pembelajaran, Lembaga Pendidikan IslamAbstract
Penerapan budaya Arab di lembaga pendidikan Islam sering kali muncul benturan dengan budaya lokal. Misalnya, norma sosial, tradisi, atau pola komunikasi lokal mungkin berbeda dengan budaya Arab, yang bisa memicu resistensi atau kesalahpahaman baik dari siswa maupun pendidik. Budaya Arab memiliki keterkaitan yang erat dengan Islam, sehingga integrasi budaya dalam pembelajaran bahasa Arab dapat memperkuat identitas religius dan kebanggaan siswa sebagai bagian dari umat Muslim. Penelitian ini bersifat library research atau studi pustaka, yang berarti peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber literatur yang relevan. Sumber data utama penelitian ini adalah artikel jurnal ilmiah dan laporan hasil penelitian yang relevan dengan topik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk Integrasi Budaya Arab dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Lembaga Pendidikan Islam adalah bahwa integrasi budaya Arab dilakukan melalui pengajaran nilai-nilai budaya, penggunaan materi yang mencerminkan sastra dan sejarah Arab, serta aktivitas ekstrakurikuler seperti teater dan praktik berbahasa Arab yang mendalam. 2). Manfaat Integrasi Budaya Arab dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Lembaga Pendidikan Islam adalah bahwa integrasi ini memperdalam pemahaman siswa akan konteks bahasa, meningkatkan kemampuan komunikasi antarbudaya, dan memperkuat identitas religius serta motivasi mereka dalam mempelajari bahasa Arab. 3). Tantangan Integrasi Budaya Arab dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Lembaga Pendidikan Islam adalah meliputi perbedaan budaya lokal dengan budaya Arab, keterbatasan sumber daya yang otentik, dan upaya menjaga keseimbangan dengan budaya lokal agar integrasi tetap relevan tanpa menggeser identitas budaya siswa.References
Adib, H. (2021). Potret Integrasi Islam dan Budaya Era Walisongo. Jasna Journal for Aswaja Studies, 1(2), 41-54. https://doi.org/10.34001/jasna.v1i2.2268
Amiruddin, A., Halim, Z., & Zainuddin, N. (2020). Kesediaan Pelajar Generasi Z di Universiti Malaysia Kelantan dalam Pembelajaran Teradun Bahasa Arab dalam Era IR4.0. ‘Abqari Journal, 22(1), 86-95. https://doi.org/10.33102/abqari.vol22no1.281
Amrillah, F. (2022). Arabisasi dan Sekulerisasi: Isu Kontemporer Pembelajaran Bahasa Arab Era 4.0. Taqdir, 8(1), 49-68. https://doi.org/10.19109/taqdir.v8i1.10379
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta Allum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.39-56
Annisa, M. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Eloquence Journal of Foreign Language, 2(2), 313-328. https://doi.org/10.58194/eloquence.v2i2.861
Ansori, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Madrasah di Pesantren. Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Burhanuddin, B. (2024). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Komunikasi dalam Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1318-1328. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2583
Darojah, R. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Integrasi Budaya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3748-3757. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1202
El-Sulukiyyah, A., Sugianti, L., & Aisyah, R. (2020). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT di Madrasah Diniyah. Community Development Journal Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 205-213. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.915
Faiz, M. (2024). Tantangan dan Strategi Pemahaman Bahasa Arab untuk Pendidikan Generasi Z: Analisis dan Prospek Masa Depan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(4), 156-164. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i4.2749
Firdaus, A. (2023). Pelatihan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Ponpes Al Buhori Praya Lombok Tengah. Kreasi Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 499-509. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.749
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Membelajarkan Matematika sebagai Bentuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Eduscience, 9(1), 152-167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550
Hadiyanto, A., Samitri, C., & Ulfah, S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal dan Moderasi Islam di Perguruan Tinggi Negeri. Hayula Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 117-140. https://doi.org/10.21009/004.01.07
Jailani, M. (2023). Penyelarasan dan Penyebaran Pelajaran Bahasa Arab Universal di Lembaga Pendidikan Formal dan Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Edutrained Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(2), 145-161. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i2.248
Kusumawati, I. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren dalam Kurikulum Nasional pada Pondok Pesantren Modern. Pendidik., 2(01), 1-7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293
Lestari, D., Maufur, M., & Ghaffar, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Baca Tulis Quran terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Teks Bahasa Arab. Tatsqifiy Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 13-20. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4839
Maulana, R. (2022). Analisis Capaian Pembelajaran Bahasa Arab dengan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.7621
Melisawati, S. (2024). Membangun Generasi Unggul: Menjelajahi Strategi Pengembangan SDM di Lembaga Pendidikan Islam Era Digital. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5689-5697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4519
Nasution, N., & Lubis, L. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 181-191. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227
Perwira, A. (2023). Telaah Kurikulum Bahasa Arab di MA Al-Hidayah Depok. Jurnal Kajian Islam Modern, 10(01), 28-33. https://doi.org/10.56406/jkim.v10i01.320
Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124
Ritonga, A., Suib, M., & Zaky, A. (2023). Tantangan dan Hambatan: Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5), 3272-3280. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11540
Salsabila, U., Spando, I., Astuti, W., Rahmadia, N., & Nugroho, D. (2023). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, 11(1), 172-177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3207
Supawi, T. and Badrun, B. (2022). Integrasi Islam dan Budaya Arab di Indonesia. Local History & Heritage, 2(1), 53-58. https://doi.org/10.57251/lhh.v2i1.346
Syamsu, P. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 18. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3319
Triyanto, T., Fauziyah, F., & Hadi, M. (2019). Bahasa sebagai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jurnal Salaka Jurnal Bahasa Sastra Dan Budaya Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i1.1145
Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Tarling Journal of Language Education, 2(2), 231-248. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2926
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Rahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.