PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIKULTURALISME AGAMA MELALUI METODE HYPNOTEACHING

Authors

  • Yayah Robiatul Adawiyah Universitas Nurul Jadid
  • Istibsyaroh Istibsyaroh Universitas Nurul Jadid
  • Aulia Nuriyatir Rofi’ah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1721

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Multikulturalisme Agama, Metode Hypnoteaching

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan study lapangan oleh penulis pada bulan November 2020 di Institut Dirosat Islamiyah Al- Amien Fakultas Ushuluddin bahwa dari beberapa mahasiswa pada tahun sebelumnya masih mengalami kesulitan dalam berbahasa khususnya yang berkaitan dengan bahasa Arab pada materi jurusan mereka yang berhubungan dengan hal keagamaan. Problematika ini menurut hemat penulis bersumber pada sistem terpisah dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi mereka. Selain itu kandungan isi materi bahasa pada materi jurusan mereka yang berhubungan dengan hal keagamaan masih banyak yang berbasis monokultural. Dari hasil tahap analisis mahasiswa/i membutuhkan bahan ajar dan metode penunjang lain yang lebih interaktif dan inovatif yang mana bisa membantu mengatasi kesulitan mereka dalam pembelajaran bahasa Arab. Berangkat dari kondisi dalam proses belajar mengajar tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana proses Institut Dirosat Islamiyah Al- Amien Fakultas Ushuluddin menerapkan pembelajaran bahasa Arab berbasis multikulturalisme agama melalui metode hypnoteaching sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana penelitian kualitatif sebagai metode ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penulis menggunakan teknik sampling purposive untuk menentukan informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis multikulturalisme agama melalui metode hypnoteaching pada Fakultas Ushuluddin pengajaran materi bahasa Arab terpadu ini menuntut mahasiswa/i untuk mempraktekkan keterampilan–keterampilan dalam rangkaian yang tidak terputus–putus. Sehingga pada akhirnya pengajaran bahasa akan menjadi aktif dan komunikatif. Sedangkan kelebihan dari implementasi integrasi tersebut terlihat pada segi kontinuitas,Input sebelum Output, realistik, kritis, analitis, dan ilmiah yang membuat pikiran mahasiswa/i menjadi lebih rileks, nyaman, meditatif, terkendali, dan fokus dengan metode hypnoteaching. Sedangkan kekurangannya adalah masih ditemukan urutan pengajaran keterampilan bahasa yang masih kurang sistematis dalam urutannya juga langkah metode hypnoteaching yang kurang lengkap yang membuat cakupan tujuan dari metode hypnoteaching tersebut kurang lengkap dalam mencetak gol yang dituju.

Author Biographies

Yayah Robiatul Adawiyah, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Istibsyaroh Istibsyaroh, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Aulia Nuriyatir Rofi’ah, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

References

DAFTAR PUSTAKA

A. Banks,James.(ed),Handbook of ResearchonMulticuturalEducation. San Francisco: Jossey-Bass, 2001.

Aqib Z. & Murtadlo A. Kumpulan metode pembelajaran kreatif dan inovatif . Bandung: PT Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera, 2016.

Ar Rikabi, Jawdat. Turuqu Tadris al Lughat al Arabiyah. Dimasyq: Dar al Fikr, 1986.

Baidhawy, Zakiyyudin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikulturalisme. Jakarta: Erlangga, 2005.

H Tilaar, .A.R. Multikulturalisme; Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo, 2004.

Hilmy, Masdar. Melembagakan Dialog (antar teks) agama, Kompas. Jakarta: 5 April 2002.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada, 2009.

Jaya, Novian Triwidia. Hypnoteaching : Bukan Sekadar Mengajar. Bekasi : D-Brain, 2010.

Kamus Bahasa Indonesia, Kamus Pusat Bahasa. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Mansur, Mohammad. Materi Bahasa Arab I MKMP 3212/4 Bahan ajar 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1985.

Yustisia, N. Hypnoteaching : Seni ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Jogjakarta : AR-Ruzz Media, 2012.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Adawiyah, Y. R., Istibsyaroh, I., & Rofi’ah, A. N. (2021). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIKULTURALISME AGAMA MELALUI METODE HYPNOTEACHING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 61–69. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1721