ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRI KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KHAIRUL BARIYYAH BEKASI

Authors

  • Dina Al Fajri Institut Agama Al-Zaytun Indonesia Indramayu
  • Abdur Rahim Institut Agama Al-Zaytun Indonesia Indramayu
  • Ali Aminullah Institut Agama Al-Zaytun Indonesia Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21293

Keywords:

Problematika Bahasa, Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab

Abstract

Mata pelajaran bahasa Arab diberikan agar siswa memahami isi al-Qur’an dan hadits serta penerapannya dalam kehidupan. Namun dalam pelaksanaanya, banyak problematika dilalui dan menyebabkan siwa kesulitan belajar, baik dari faktor linguistik maupun non-linguistik.Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pembelajaran serta problematika yang terjadi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas IX MTs Khairul Bariyyah Bekasi, juga untuk mengetahui solusi yang dilakukan siswa, guru, dan sekolah untuk mengatasi problematika tersebut.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulandata berupa observasi dan wawancara kepada siswa dan guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dibagi menjadi dua, yakni pembelajaran bahasa Arab formal di kelas dan muhadatsah di asrama. Problematika pembelajaran bahasa Arab dapat dilihat dari dua segi, yakni linguistik dan non-linguistik, yang termasuk linguistik yaitu fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik, yang termasuk problematika non-linguistik yaitu latar pendidikan, kurangnya kosakata, fasilitas, motivasi, lingkungan berbahasa dan alokasi waktu. Upaya untuk mengatasi problematika dilakukan tiga pihak, yaitu siswa, guru dan sekolah. Upaya yang dilakukan siswa, yaitu bertanya kepada guru, membuka kamus dan mengerjakan tugas. Upaya yang dilakukan guru yaitu memberikan motivasi dan penjelasan yang menarik agar siswa semangat belajar bahasa Arab. Sedangkan upaya yang dilakukan sekolah yaitu memberikan fasilitas dan pengajar berkualitas.

References

Wachid, A., Kurniawan, H. 2013. Kemahiran Berbahasa Indonesia. Purwokerto: Kaldera Press.

Damayanti, T., Dardiri, A., Iman, M, D. 2023. Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Journal Of Islamic Studies, 1(1), 48-56.

Amiruddin., Fatmawati. 2018. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2 No. 2.

Kholiq, I, N., Khabibullah, M, Z. 2021. Problematika Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 1 No. 2.

Rofiq, Aunur. 2013. Mukhtarot Qawaidil Lughotil Arobiyyah. Gresik: Pustaka Al Furqan.

WA, Muna. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Aplikasi (I). Yogyakarta: Teras.

Suryani, N., Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Dimyati., Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrurrozi, Aziz. 2014. Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika Dan Solusinya. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(2), 161-180.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Fajri, D. A. ., Rahim, A. ., & Aminullah, A. . (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRI KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KHAIRUL BARIYYAH BEKASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1680–1687. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21293

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.