EKPLORASI PROBLEMATIKA DOSEN BAHASA ARAB DALAM METODE PEMAHAMAN MAKNA MUFRADAT PADA PEMBELAJARAN MORFOLOGI BAHASA ARAB DI STAI TGK CHIK PANTE KULU BANDA ACEH

Authors

  • Asmaul Husna UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.36267

Keywords:

Dosen Bahasa Arab, Metode, Mufradat, Morfologi Bahasa Arab

Abstract

Pembelajaran morfologi bahasa Arab di STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh menghadapi berbagai tantangan yang signifikan, khususnya dalam hal pemahaman makna mufradat oleh mahasiswa. Hal ini, dapat mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap matari kuliah yang diperolehnya. Metode penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data dalam penellitian ini adalah Dosen dan Mahasiswa STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1). Problematika yang dihadapi oleh dosen dalam mengajarkan makna mufradat pada konteks pembelajaran morfologi bahasa Arab di STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh meliputi: keterbatasan sumber daya dan referensi, perbedaan latar belakang bahasa mahasiswa, kompleksitas morfologi bahasa Arab, keterbatasan metode pengajaran interaktif, hambatan teknologi dan infrastruktur dan waktu pembelajaran yang terbatas. 2). Metode Pembelajaran Morfologi Bahasa Arab yang Digunakan oleh Dosen STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh untuk mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap makna mufradat, yaitu dengan cara penggunaan metode induktif atau deduktif, pembelajaran kontekstual, interaksi dan diskusi kelas dan metode pembelajaran berbasis proyek. 3). Faktor-Faktor yang menyebabkan kesulitan dalam pemahaman makna mufradat oleh mahasiswa STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh dalam Pembelajaran Morfologi Bahasa Arab, antara lain: kompleksitas morfologi bahasa Arab, keterbatasan kosakata dasar, keterbatasan metode pengajaran, kurangnya paparan dan latihan praktis dan keterbatasan waktu dan kurikulum

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Husna, A. . (2024). EKPLORASI PROBLEMATIKA DOSEN BAHASA ARAB DALAM METODE PEMAHAMAN MAKNA MUFRADAT PADA PEMBELAJARAN MORFOLOGI BAHASA ARAB DI STAI TGK CHIK PANTE KULU BANDA ACEH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6263–6274. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.36267