ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SATUAN BALOK DAN KUBUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN KARANGANYAR GUNUNG 02

Authors

  • Yesy Wulandari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Patonah Universitas PGRI Semarang
  • Nur Riskiyati SDN Karanganyar Gunung 02

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31188

Keywords:

Media, Pembelajaran, Matematika.

Abstract

Peserta didik mengalami kesulitan memahami penerapan konsep dan keterampilan dalam menyelesaikan soal volume balok. Untuk memudahkan pemahaman konsep, diperlukan penggunaan media pembelajaran. Salah satunya adalah media satuan balok dan kubus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media satuan balok dan kubus dalam proses pembelajaran Matematika di SDN Karanganyar Gunung 02. Partisipan penelitian adalah peserta didik kelas IV. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis melalui triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara tentang penggunaan media dengan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan media satuan balok dan kubus dalam pembelajaran Matematika. Ini mengindikasikan bahwa media tersebut membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik, terutama dalam konteks pembelajaran Matematika.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Wulandari, Y., Patonah, S. ., & Riskiyati, N. . (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SATUAN BALOK DAN KUBUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN KARANGANYAR GUNUNG 02. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10163–10170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31188

Similar Articles

<< < 144 145 146 147 148 149 150 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.