PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MAHASISWA SEMESTER 5 UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39231Keywords:
Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar, Mahasiswa, Regresi, P-Value, Pendidikan Tinggi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar pengetahuan mahasiswa semester 5 Universitas Indraprasta PGRI. Kemampuan metakognitif mencakup kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses berpikir yang berperan penting dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode regresi untuk menganalisis hubungan antara kemampuan metakognitif dengan hasil belajar pengetahuan mahasiswa. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai p-value sebesar 0.005, yang lebih kecil dari 0.05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Semakin baik kemampuan metakognitif mahasiswa, semakin tinggi hasil belajar pengetahuan yang dicapai. Temuan ini memberikan bukti bahwa pengembangan kemampuan metakognitif harus menjadi fokus dalam strategi pembelajaran di perguruan tinggi, guna meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswaReferences
Abidin, Z. (2023). Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Pendidikan Matematika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Perguruan Tinggi Umum Negeri.
Efklides, A. (2006). Metacognition and affect: What can metacognitive experiences tell us about the learning process? Educational Research Review, 1(1), 3–14. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2005.11.001
Efklides, A. (2009). The role of metacognitive experiences in the learning process. Psicothema, 76–82.
Fleur, D. S., Bredeweg, B., & van den Bos, W. (2021). Metacognition: ideas and insights from neuro- and educational sciences. Npj Science of Learning, 6(1), 13. https://doi.org/10.1038/s41539-021-00089-5
Gourgey, A. F. (1998). Metacognition in basic skills instruction. Instructional Science,. Instructional Science, 26(1/2), 81–96. https://doi.org/10.1023/A:1003092414893
Permana, F. H., & Setyawan, D. (2022). Integrasi Polysynchronous Learning dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 244–255.
Pratiwi, N., Rahayu, N., & Budiani, D. (2021). Penggunaan Strategi Metakognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 7(3), 275–284.
Railean, E. (2021). Management of the metacognition and successful learning strategies in pre-university education. an analytical sociological study. Moldoscopie, 2(93), 113–123. https://doi.org/10.52388/1812-2566.2021.2(93).11
Stanton, J. D., Sebesta, A. J., & Dunlosky, J. (2021a). Fostering Metacognition to Support Student Learning and Performance. CBE—Life Sciences Education, 20(2), fe3. https://doi.org/10.1187/cbe.20-12-0289
Stanton, J. D., Sebesta, A. J., & Dunlosky, J. (2021b). Fostering Metacognition to Support Student Learning and Performance. CBE—Life Sciences Education, 20(2), fe3. https://doi.org/10.1187/cbe.20-12-0289
Waskitoningtyas, A. (2015). The impact of contextual-based metacognitive strategies on solving mathematics problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 147-157. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 147-157.
Zhao, X. , Zhang, L. , &, & Li, X. (2019). The role of metacognition in academic achievement: The mediating role of problem-solving ability. . Educational Psychology Review, , 31(3), 523-541.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Edward Alfin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.