PROFIL KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA

Authors

  • Izza Afkarina Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Alfiani Vivi Sutanto Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Dian Atnantomi Wiliyanto Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38802

Keywords:

Anak Sekolah Dasar, Kemampuan Literasi, Profil.

Abstract

Keterampilan literasi di sekolah dasar menjadi langkah awal yang krusial untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi anak kelas 3 sekolah dasar di Surakarta dan faktor yang mempengaruhi peningkatan literasi. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui tes dan wawancara. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman membaca, penilaian menulis, dan pemeriksaan kemampuan mengeja. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa kelas 3 sekolah dasar di Surakarta didominasi pada kategori sedang berdasarkan dari penilaian pemahaman membaca, menulis, dan mengeja. Adapun faktor yang mempengaruhi literasi adalah strategi pengajaran guru, jenis bacaan, jenis tulisan, program literasi, dan ketersediaan fasilitas. Tantangan yang dihadapi guru dalam mengajar literasi yaitu kebiasaan siswa yang selalu di bimbing, kurangnya keterlibatan orang tua, perbedaan kemampuan kognitif siswa.

References

Adha, Neviyarni, & Nirwana. (2023). Studi Literatur?: Peran Motivasi dalam Proses Belajar Mengajar. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 433–445. https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/index

Agustina, Murniati, & Reffiane. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas Iii Di Sdn Peterongan Kota Semarang. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5356–5369. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1147

Ambarsari, R. Y., Santoso, A. B., Asfuri, N. B., & Nurjihat, I. (2023). Analisis kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri Ngarum 3 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 50–59. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7287

Amri, & Rochmah. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Anisa, Ipungkarti, & Saffanah. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.

Apriani, & Ariyani. (2018). Membangun Budaya Literasi Permulaan Bagi Siswa SD awal Melalui Pop Up Book. Journal Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.

Apriliani. (2024). Model Tes Standar Literasi Matematika Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berbasis Model Rasch. Journal of Education Research, 5(3), 3024–3033. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1396

Azhari, Afif, Kustati, & Dkk. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025.

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. (2020). Statistik Pendidikan Provinsi Jawa Tengah 2020. Badan Pusat Statistik Jawa Tengah, 148, 1–163.

Creswell. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE publications, Inc.

Daroin, Santoso, Pranidia, & Halimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. Edukasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38–49.

Daulay, Saputra, & Juita. (2023). Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Anak Kelas III Di SD Negeri 0117 Sibuhuan. SIMPATI Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 68–79.

Destianingsih. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 Di SDN Utan Kayu Selatan 05. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(2), 2869–2877.

Dharma, Intiana, & Setiawan. (2020). Hubungan Literasi Dini Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN gugu II Kecamatan Cakranegara. Progres Pendidikan, 1(1), 72–79.

Gosse, C., Parmentier, M., & Van Reybroeck, M. (2021). How Do Spelling, Handwriting Speed, and Handwriting Quality Develop During Primary School? Cross-Classified Growth Curve Analysis of Children’s Writing Development. Frontiers in Psychology, 12(July), 1–19. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.685681

Hijjayati, Makki, & Oktaviyanti. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Julianingsih, & Isnaini. (2022). Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.110

Kusuma, Larasati, Risma, & Dkk. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 132–138.

Latuconsina, S. H., Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2022). Pemilihan Bahan Bacaan Sastra Anak dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. Wanastra?: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(1), 01–08. https://doi.org/10.31294/wanastra.v14i1.11415

Mardika. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049

Maulina. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276

Maurer, M. N., Truxius, L., Sägesser Wyss, J., & Eckhart, M. (2023). From Scribbles to Script: Graphomotor Skills’ Impact on Spelling in Early Primary School. Children, 10(12), 1–11. https://doi.org/10.3390/children10121886

Musarofah. (2023). Meningkatkan IQ PAUD Melalui Baca Literasi Dan Bermain Peran Di RA. AL-Munawaroh Kampung Bojongkoneng telaga murni. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 173–182.

Muslimin. (2019). Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 107–118.

Navida, Rasiman, Prasetyowati, & Dkk. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901

O’Brien, Mohamed, Arshad, & Dkk. (2020). The Impact of Different Writing Systems on Children’s Spelling Error Profiles: Alphabetic, Akshara, and Hanzi Cases. Frontiers in Psychology, 11(May), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00870

Oktariani. (2020). Peran Literasi Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33.

Oktaviani. (2022). Hubungan Pengelompokan Level Literasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Beleka Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 330–336. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.467

Paluvi, Mulia, Audina, & Dkk. (2023). Pentingnya Pelaksanaan Gerakan Literasi Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Dasar 08 Kampung Rempak. Educativo?: Jurnal Pendidikan, 2(1), 262–265.

Pratomo. (2023). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengukuran Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 2(1), 624–630. https://doi.org/10.59686/jtwb.v2i1.92

Purwo. (2020). Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif Di Sekolah Dasar. STKIP PGRI Trenggalek, 5(3), 248–253.

Putro, & Sa’diyah. (2022). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 72–79. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1396

Salih, Rokmanah, & Hendracipta. (2023). Faktor Hereditas Dalam Membentuk Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 708–717.

Salma, & Madzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/17555/10534

Saputri, Fauzi, & Nurhaidah. (2017). faktor-faktor yang mempengaruhi literasi anak kelas 1 SD negeri 20 banda aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98–104.

Scott, Goldberg, Connor, & Dkk. (2019). Schooling effects on early literacy skills of young deaf and hard of hearing children. Gallaudet University Press, 163(5), 596–618. https://doi.org/10.1353/aad.2019.0005

Setiyaningsih, & Syamsudin. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28

Sismulyasih. (2018). Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa SD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 7(April), 68–74.

Solihin, Utama, & Pratiwi. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provonsi. Puslitjakdikbud, 2, 1–8.

Subandiyah. (2015). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Petrology, 2(1), 111–123.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Weadman, Serry, & Snow. (2023). The oral language and emergent literacy skills of preschoolers: Early childhood teachers’ self-reported role, knowledge and confidence. International Journal of Language and Communication Disorders, 58(1), 154–168. https://doi.org/10.1111/1460-6984.12777

Wijaya, H. (2020). Tingkat Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 3 Sikur Lombok Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 425. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.2799

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Afkarina, I., Sutanto, A. V. ., & Wiliyanto, D. A. . (2024). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17718–17727. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38802

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.