KEEFEKTIFAN KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENIMBULKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN MEKIKIS KEDIRI

Authors

  • Dini Arianti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sunanto Sunanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Mekikis, Kediri, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa lingkungan fisik sekolah seperti ventilasi, pencahayaan, dan kualitas ruang kelas umumnya mendukung pembelajaran, meski beberapa kelas perlu perbaikan untuk kenyamanan optimal. Interaksi sosial yang baik antara siswa dan guru serta metode pengajaran interaktif seperti video dan kegiatan kelompok meningkatkan keterlibatan siswa, meskipun kemandirian belajar masih perlu ditingkatkan. Efektivitas lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui kondisi fisik yang baik, interaksi sosial dan psikologis yang mendukung, serta evaluasi dan program peningkatan lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya kondisi lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Agus Salim, M., & lainnya. (2020). Pengaruh Kondisi Lingkungan Fisik Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Astutik, D., & Sumarto, A. (2021). Kebersihan Lingkungan Sekolah dan Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Darmawan, H., et al. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan.

Halawa, T., & Fensi, S. (2020). Kualitas Fisik Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Irbah, A., & Negeri Padang, I. (2024). Pemeliharaan Fasilitas Sekolah sebagai Faktor Peningkatan Motivasi Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Januaripin, B. (2024). Pengaruh Kondisi Fisik Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Kutsiyyah, N. (2021). Evaluasi dan Peningkatan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Karakter.

Ningsih, R., & Awalya, F. (2020). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Rofiqoh, S., & Khairani, A. (2024). Program Peningkatan Lingkungan Sekolah dan Dampaknya terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah.

Sholehuddin, A., & Wardani, S. (2023). Pengaruh Kondisi Fisik Ruang Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yunus, M., et al. (2022).

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Arianti, D. ., Sunanto, S., Akhwani, A., & Ghufron, S. . (2024). KEEFEKTIFAN KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENIMBULKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN MEKIKIS KEDIRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17579–17587. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/39039

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.