KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Jamal Jamal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dian Nupus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Wahyu Ningsih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Karman Karman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.39607

Keywords:

Pendidikan, Keluarga, Al-Qur’an.

Abstract

Urgensi peranan keluarga dalam hal pendidikan menempati posisi yang krusial dalam rangkaian proses pendidikan, mengingat bahwa keluarga berperan sebagai pilar utama dalam fase perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Akan tetapi, realitas menunjukkan eksistensi berbagai kasus dalam lingkup keluarga yang secara signifikan mempengaruhi jalur pendidikan anak.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan meninjau kembali konsep pendidikan keluarga menurut perspektif al-Qur’an, mengambil esensi mendasar dari pendidikan keluarga, sehingga menjadi referensi baru dalam proses pendidikan keluarga sebagai bagian penting dari memanusiakan manusia (humanisme). Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi pendekatan kualitatif, dengan mengandalkan data primer dan sekunder, proses penggalian data dilakukan melalui riset kepustakaan, sementara analisis data dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa konsep pendidikan keluarga secara garis besar ditujukan untuk menciptakan sebuah ekosistem pendidikan bagi anak sebagai anggota keluarga, dimana peran orang tua, baik ayah maupun ibu, diidentifikasi sebagai pendidik utama. Dalam perspektif Al-Qur’an, pendidikan keluarga dimengerti sebagai proses pembelajaran yang berlandaskan pada nilai-nilai inti ajaran Islam, yang melingkupi pendidikan bagi suami, istri, orang tua, dan anak-anak, dengan mengedepankan prinsip-prinsip seperti kasih sayang, demokrasi, kesabaran, kemandirian, humanisme, dan disiplin.

References

Adi, L. (2022). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1–9.

Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125.

Burhan, B. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Dilema Memidanakan Anak Remaja. (n.d.). Retrieved February 20, 2024, from https://validnews.id/nasional/dilema-memidanakan-anak-remaja

Fadlan, A., & Kasmadi, N. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 94–100.

Fauziah, H., & Abdussalam, A. M. (2022). IMPLIKASI AL-QUR?AN SURAT ASH-SHAFFAT AYAT 102 TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF ANTARA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (KAJIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM). Masagi, 1(1), 268–276.

Halim Hanafi, A. (2011). Metode Penelitian Bahasa Untuk Penelitian, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Diadit Media, Cet. Ke.

Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260.

Kencanawati, N., & Rifai, A. (2020). KOMUNIKASI DALAM KOMUNIKASI DALAM KELUARGA; TAFSIR KOMUNIKASI QS. ASH-SHAFFAT: 102KELUARGA; TAFSIR KOMUNIKASI QS. ASH-SHAFFAT: 102. Jurnal RASI, 2(2), 36–46.

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81–102.

Kurniawan, R., Mitrohardjono, M., & Fahrudin, A. (2021). Urgensi Pendidikan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 29–38.

Liana, I., Hidayah, N., & Nashoih, A. K. (2020). Analisa Nilai Pendidikan Surat As-Shaffat Ayat 102 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Al-Lahjah, 3(2), 65–74.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01), 123–144.

Quraish, S. M. (2002). Tafsir Al-Misbah Volume 14: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Quran. Lentera Hati.

Rahmah, S. (2017). Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 4 (6), 14.

Rochanah, R. (2017). Peranan keluarga sekolah dan masyarakat dalam menunjang pembelajaran yang efektif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Shofiatun, N. E. (2017). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Quran. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

SIMFONI-PPA. (n.d.). Retrieved February 20, 2024, from https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan/

Srifariyati, S. (2018). Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik). Madaniyah, 6(2), 195110.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Surana, D. (2022). Nilai-Nilai Al-Quran Surat Thaha Ayat 132 terhadap Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Agama Anak. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 251–258.

Yohana, N. (2017). Konsepsi pendidikan dalam keluarga menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Hasan Langgulung. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 126–145.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Jamal, J., Nupus, D. ., Ningsih, N. W. ., & Karman, K. (2024). KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5197–5204. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.39607

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.