PENGARUH INTELLECTUAL HUMILITY TERHADAP SIKAP MULTIKULTURAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI JABODETABEK

Authors

  • Ardayu Fadila Hamzah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Abu Bakar Fahmi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Muhammad Abdul Halim Sani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29604

Keywords:

Intellectual Humility, Sikap Multikultural, Siswa SMA.

Abstract

Pada konteks pendidikan, pengaruh intellectual humility terhadap sikap multikultural siswa sekolah menengah atas (SMA) belum sepenuhnya terungkap dan masih terbatas, penelitian terdahulu cenderung lebih fokus pada populasi dewasa atau mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh intellectual humility terhadap sikap multikultural siswa sekolah menengah atas (SMA) di Jabodetabek. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Alat ukur yang digunakan yaitu Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS) untuk mengukur intellectual humility dan Munroe Multicultural Attitude Scale yang telah diadaptasi ke dalam versi bahasa Indonesia oleh Permatasari et al. (2020) untuk mengukur sikap multikultural. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 150 responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh R square sebesar 0,415 menunjukkan bahwa intellectual humility memiliki pengaruh sebesar 41,5% terhadap sikap multikultural dengan hasil signifikasi sebesar 0,000 (p < 0,05). Artinya, semakin tinggi intellectual humility yang dimiliki individu maka semakin tinggi sikap multikulturalnya.

References

Agustianty, E. F. (2021). Multikulturalisme Di Indonesia. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Tejgv

Al Fariz, A. B. (2020). Pengaruh Intellectual Humility, Multicultural Personality, Religious Orientation Dan Faktor Demografi Terhadap Toleransi Beragama Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's Thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/52496

Aziz, F. (2019). Pengaruh Intellectual Humility Terhadap Sikap Multikultural Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di DKI Jakarta. Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/42761

CNN Indonesia. (2019). Kronologi Pengepungan Asrama Papua Surabaya Versi Mahasiswa.

CNN Indonesia. (2020). Kronologi Siswi Sragen Diteror Karena Tak Berhijab.

Huda, M. M., Maftuh, B., & William, N. (2023). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1015-1022. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i2.5576

Koetke, J., Schumann, K., & Porter, T. (2022). Intellectual Humility Predicts Scrutiny Of COVID-19 Misinformation. Social Psychological And Personality Science, 13(1), 277-284. Https://Doi.Org/10.1177/1948550620988242

Krumrei-Mancuso, E. J., Haggard, M. C., Labouff, J. P., & Rowatt, W. C. (2020). Links Between Intellectual Humility And Acquiring Knowledge. The Journal Of Positive Psychology, 15(2), 155-170. Https://Doi.Org/10.1080/17439760.2019.1579359

Krumrei-Mancuso, E. J., & Rouse, S. V. (2016). The Development And Validation Of The Comprehensive Intellectual Humility Scale. Journal Of Personality Assessment, 98(2), 209-221. Https://Doi.Org/10.1080/00223891.2015.1068174

Munadlir, A. (2016). School Strategy In Multicultural Education. Ahmad Dahlan's Journal Of Primary School Education, 2(2), 114-130. Https://Dx.Doi.Org/10.12928/Jpsd.V3i1.6030

Munroe, A., & Pearson, C. (2006). The Munroe Multicultural Attitude Scale Questionnaire: A New Instrument For Multicultural Studies. Educational And Psychological Measurement, 66(5), 819-834. Https://Doi.Org/10.1177/001316440528554

Pajarianto, H., Pribadi, I., & Galugu, N. S. (2023). Youth Religious Moderation Model And Tolerance Strengthening Through Intellectual Humility. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 79(1).

Permatasari, I., Milla, M. N., Lestari, S., Yusya, N., Adira, N., & Baswara, B. (2020). Adaptasi Alat Ukur Munroe Multicultural Attitude Scale Questionnaire Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(2), 169-178. Https://Doi.Org/10.7454/Jps.2020.17

Rasyid, A. R., Raffli, A., Aditya, A., Rahmadani, S., Hania, Y., & Qiran, Z. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pancasila Di Masyarakat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3648-3655. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V7i2.26700

Setara Institute. (2022). Mengatasi Intoleransi Dalam Tata Kebinekaan Indonesia: Update Dan Rekomendasi Terkait Peribadatan.

Setara Institute. (2024). Aksi Pembubaran Ibadah Terhadap Mahasiswa Katolik Universitas Pamulang: Gejala Lemahnya Ekosistem Toleransi.

Van Tongeren, D. R., Stafford, J., Hook, J. N., Green, J. D., Davis, D. E., & Johnson, K. A. (2016). Humility Attenuates Negative Attitudes And Behaviors Toward Religious Out-Group Members. The Journal Of Positive Psychology, 11(2), 199–208. Https://Doi.Org/10.1080/17439760.2015.1037861

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Hamzah, A. F., Fahmi, A. B., & Sani, M. A. H. (2024). PENGARUH INTELLECTUAL HUMILITY TERHADAP SIKAP MULTIKULTURAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI JABODETABEK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7524–7528. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29604

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.