PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 30 PONTIANAK UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29593Keywords:
Media; Audio Visual; Menulis Narasi.Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri 30 Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 30 Pontianak Utara yang berjumlah 43 orang, sedangkan sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut maka seluruh populasi yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik pengukuran karena data yang dikumpulkan bersifat kuantitatif. Terdapat beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan dengan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 68,90 dan kelas kontrol 59,75. Terdapat perbedaan hasil uji normalitas pre-test pada kelas eksperimen 4,30 dan kelas kontrol 3,99 serta hasil post-test uji normalitas pada kelas eksperimen 7,24 dan kelas kontrol 3,24. Dalam penelitian ini sekelompok sampel yang dinyatakan dalam penelitian ini dinyatakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal, serta kedua sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homgen karena terdapat hasil post-test yang meliputi 2,96 < 2,112 maka diterima. Dalam hasil pengujian hipotesis penelitian ini di ketahui > maka terdapat ditolak dan diterima.References
Andreas Harefa. 2015. Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Aristo, Wiro. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Kota. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Burhan Nurgiyantoro. 2014. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Dalman. (2015). Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ismilasari, Y. & Hendratno 2013. Penggunaan Media Diaroma Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar.JPGSD, Vol. 19. No. 2.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (2022). Keputusan kepala BSKAP Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud. Diunduh dari:
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf.
Kundharu Saddhono dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nani Damayanti. 2017. Berbahasa Indonesia untuk SMK Kelas XI. Jakarta: Gramedia.
Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Suparno & Mohamad Yunus. 2017. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyudi Siswanto, Dewi Ariani. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung. Reflika Aditama.
Wulandari, Y. T. 2016. Penerapan Metode Pincture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa SMA. Paedegogia, Vol. 19. No. 1.
Windasari, Tahan Suci & Sofyan, Harlida. (2019). Jurnal Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Volume 10 Nomor 1. Di Unduh dari:
https://journal.unj.ac.id/uni/index.php/ipd/article/view/jpd.010.01
Zainal Arifin. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saras Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.