IN HOUSE TRAINING : PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Authors

  • Erica Meilia Safitri Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22867

Keywords:

In House Training, P5, Guru.

Abstract

Guru mempunyai peranan penting sebagai fasilitator pembelajaran, sehingga peningkatan mutu pendidikan dimulai dari peningkatan kapasitas guru. Perlu segera dilakukan kegiatan pendampingan khusus guru dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) guna meningkatkan kapasitasnya melalui In-House Training. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah tinjauan pustaka. Metode ini merupakan tinjauan literatur baik internasional maupun nasional yang dilakukan dengan menggunakan database Google Scholar dan ScienceDirect. Penelusuran artikel jurnal tahap pertama teridentifikasi sebanyak 6580 artikel dengan kata kunci “Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila” pada tahun 2018 hingga 2023. Melalui In House Training (IHT), kapasitas guru dapat ditingkatkan dengan melaksanakan proyek peningkatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan In House Training dilaksanakan secara bertahap yang terdiri dari tiga langkah: (1) perencanaan awal, (2) penyiapan organisasi dan materi In House Training, (3) observasi, dan (4) evaluasi pelaksanaan In House Training . In House Training dapat digunakan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran guru pada proyek lain.

References

Alamsyah, A., Pettalongi, S. S., & Rustina, R. (2023). Pengaruh Kode Etik Dan Kompetensi Terhadap Perilaku Kerja Guru Di Mts Negeri Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 2(1), 11-19.

Aslim, A. (2019). Kegiatan In House Training Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Yang Terindikasi Dengan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1243-1250.

Ayuningtyas. 2017. Evaluasi Program Pelatihan In House Training (Iht) Di Sd Muhammadiyah (Plus) Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Aih Ervanti. File:///C:/Users/User-Hp/Downloads/991-Article%20text-3908-2-10-20180109.Pdf.

Basri, H., & Rusdiana, A. (2015) Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Bkasp (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

Damanik, D. A. (2019). Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Sosiologi Pendidikan. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 77–90. Https://Doi.Org/10.33369/Jsn.5.1.77-90.

Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan. Jpk (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.

Endriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jpdi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia),1(2), 25-29.

Lailatilfadla, S., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Ikamas), 2(1), 27-36.

Hasan, M., Tuti K.H., Dan Inanna, 2021. Landasan Pendidikan. Klaten: Tahta Media Group.

Jayadipura, Y. (2018). In House Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rpp. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 260-268.

Kutariani, L. (2023). Implementasi Penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Buzz Groupss Di Sd N 5 Sukasada. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 7(1), 38-49.

Noviani, L., Setyowibowo, F., & Wahyono, B. (2023). L Penguatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 90-95.

Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di Ma Darul Inabah. Indonesian Journal Of Educational Development (Ijed), 2(3), 482-490.

Nugraheni Rachmawati, Arita Marini, Maratun Nafiah, Iis Nurasiah. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu Doi: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2714.

Pangestuti, T. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui In House Training Di Sdn Sisir 06 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (Jptwh), 1(3), 516-537.

Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi Covid-19. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1-16.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Safitri, E. M. ., Prihandono, T. ., & Bektiarso, S. . (2023). IN HOUSE TRAINING : PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3485–3491. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22867